Alat Penghemat listrik (Slow Start) - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Saturday 26 January 2013

Alat Penghemat listrik (Slow Start)




Tahukah anda bagaimana cara kerja nya alat penghemat listrik (PLN) yang biasa beredar dipasaran yang berbentuk mirip aki kering dengan colokan ke stopkontak?.Sebenarnya anda bisa membuat sendiri alat tersebut dengan kualitas jauh lebih baik dgn harga jauh lebih murah.

Karena cara kerjanya hanyalah mengurangi besaran cosinus dari kurva arus AC yang akan terbaca pada alat pengukur kilometer.alat tersebut bekerja jika ada beban AC melintas melalui sensor berupa kumparan kawat untuk mengukur besarnya arus AC yg sedang melewatinya..teori ekstrimnya adalah: bagaimana caranya agar kita mereduksi sebesar mungkin puncak (peak) dari besaran kurva AC (sinus-cosinus)agar terbaca sedemikian rendah.
 


Komponen yg sangat berpengaruh dalam arus AC adalah capasitor dan induktor..maka dari itu kita perlu memfilter arus ac tersebut sebelum memasuki jaringan listrik dirumah kita..entah cara ini diperbolehkan atau dilarang pln..jelas kita tidak melakukan tindakan pencurian listrik..dan alat ini tidak akan terdeteksi oleh perangkat mereka.Cara pemasangannya adalah sebagai berikut:disini saya akan menyertakan skema rangkaiannya yang nantinya akan dipasang dekat dengan kilometer.semakin dekat ,semakin optimal cara kerjanya.gunakan kapasitor berkualitas bagus ,untuk keamanan,MCB disini untuk mencegah terjadinya korsleting akibat kerusakan pada kapasitor.masukan pada kotak atau box plastik yg cukup kuat.lebih baik kapasitor di cor dengan gip’s atau semen,agar daya panasnya terbuang dengan baik.

7 comments:

  1. kapan diproduksi?? :D

    ReplyDelete
  2. Gan mau tanya, apakah sudah ada/dibuat oleh pabrik alat pemutus aliran listrik otomatis ketika tegangan listrik di rumah tiba-tiba naik/berlebih kalo ada apa nama alatnya dan di mana bisa pesan.

    Mohon info ke asepsp@gmail.com Terima kasih,

    ReplyDelete
  3. cpulsatronik @ biasanya lebih mudah pakek stavolt,,,,

    ReplyDelete
  4. Numpang tanya, jika pemasangan input/output istem pemasangan instalasi rumah secara langsung, apa yang terjadi?

    ReplyDelete
  5. Agus Sujana @ capasitornya diperbesar lagi,,, soalnya kalo di instalasi langsung dayanya tidak terkontrol biasanya,,,, kalo kelebihan daya kapasitor akan panas,,,, lebih baik kapasitornya di cor pakek semen,,,,

    ReplyDelete