Loading...
Tuesday, 1 April 2014

Driver Motor DC menggunakan 2 Relay


Kali ini Workshop Electronics 3 in 1 akan berbagi dan mengedukasi mengenai Driver Motor DC dengan menggunakan 2 Relay saja. Sesuai dengan namanya, rangkaian ini berfungsi untuk mengendalikan perputaran motor DC. Selain itu driver motor DC juga dapat dikatakan sebagai penggerak motor DC. untuk lebih jelasnya rangkaiannya seperti dibawah ini:


Prinsip kerja rangkaian diatas adalah sebagai berikut:
  1. Pada saat titik A mendapat logika 1 dan titik B mendapat logika 0 maka Relay 1 akan ON dan Relay 2 tetap OFF, sehingga arus akan mengalir ke motor dengan melewati Relay 1 dan menuju Relay 2, maka motor akan berputar ke kanan. Dan seterusnya arus akan looping.
  2. Pada saat titik A mendapat logika 0 dan titik B mendapat logika 1 maka Relay 1 akan OFF dan Relay 2 ON, sehingga arus akan mengalir ke motor dengan melewati Relay 2 dan menuju Relay 2, maka motor akan berputar ke kiri. Dan seterusnya arus akan looping.
  3. Pada saat titik A dan tititk B sama-sama berlogika 0 atau berlogika 1 maka motor akan BREAK atau mengerem/berhenti. 
Untuk pertanyaan lebih lanjut silahkan tinggalkan komentar anda dibawah atau KLIK DISINI.
Mari belajar bersama Workshop Electronics 3 in 1.

3 komentar:

  1. nah, untuk mengatur waktu relaynya misalnya per 5 menit gimana min ?? reply . thnks

    ReplyDelete
  2. saya mau tanya nie gan semisal saya membuat kontrol motor 4 dan saya beri tombol A input 1 maka motor putar kanan sebaliknya jika Tombol B input 1 motor putat kiri,,, ini semisal 2 motor tersebut saya kendalikan bersamaan,, dan apabila salah satu saya beri logika 1 maka motor satu saja yg akan berputar. itu rangkaiannya bagaimana ?? mohon bantuan nya gan

    ReplyDelete

 
TOP