Gerbang Logika OR - Edukasi Elektronika

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Friday, 30 January 2015

Gerbang Logika OR


Gerbang Logika OR memiliki dua atau lebih saluran masukan (input) dan satu keluaran (output). Selain itu gerbang Logika OR memiliki sifat output akan berlogika satu jika salah satu nilai input pada gerbang OR berlogika satu dan jika memiliki nilai nol pada kedua input-nya maka output akan bernilai nol, misalnya A atau B menyatakan saluran masukkan (input) gerbang OR yang saling bebas yang masing-masing hanya dapat berlogika satu atau nol dan Y menyatakan saluran keluarannya yang hanya dapat bernilai logika nol atau satu, maka hubungan antara masukan dan keluaran pada gerbang OR tersebut dapat ditulis Y = A + B, sedangkan tabel kebenaran dan gambar symbol dapat dilihat di bawah ini.



Sifat bahwa jika salah satu nilai input pada gerbang OR bernilai satu maka nilai output akan bernilai satu juga dan jika memiliki nilai nol pada semua kaki input-nya maka output akan bernilai nol hal ini juga berlaku pada gerbang OR yang memiliki jumlah input lebih dari dua. Gerbang OR berfungsi sebagai penjumlah nilai pada input-nya, misalnya jika input memiliki nilai 1 dan 0 (1 + 0) maka output akan berlogika 1, jika nilai input-nya 0 semua (0 + 0) maka nilai output akan berloigka 0. Salah satu Gerbang logika OR yang mempunyai 2 buah input dan satu buah output adalah IC TTL 7432 dan IC CMOS 4071. Berikut ini konfigurasinya:

Secara Analogi Gerbang OR terdiri dari dua buah saklar yang tersusun paralel dengan output sebuah lampu. Rangkaian Ekuivalennya seperti gambar dibawah ini.


Silahkan Meng-Copy Semua postingan yang ada di dalam blog ini. Tapi jangan lupa cantumkan sumber sebagai bentuk dukungan terhadap anti plagiasi.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here