Proteksi Pada Rangkaian Regulator Tegangan - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Saturday 30 May 2015

Proteksi Pada Rangkaian Regulator Tegangan


Ada dua tipe umum rangkaian proteksi suatu rangkaian regulator tegangan, yang pertama adalah Reverse Polarity Protection dan yang kedua adalah Reverse Bias Protection.
Reversal Polarity Protection

Proteksi ini terdapat pada bagian keluaran (output) regulator, yang berfungsi untuk mencegah short circuit (hubung singkat) pada keluaran regulator. Penerapan Reverse Polarity Protection ini diterapkan pada Split Power Supply Regulator dengan cara menambahkan dioda (D1 dan D2) pada masing-masing keluaran regulator, seperti tampak pada gambar berikut ini.

Reverse Bias Protection

Proteksi ini digunakan untuk mencegah kerusakan pada IC regulator yang disebabkan oleh hubung singkat pada masukkan regulator, cara-nya dengan menambahkan sebuah dioda D1 yang terhubung dengan masukkan dan keluaran IC regulator, seperti pada gambar berikut ini.



Sedangkan untuk IC Regulator LM317 yang di set sebagai regulator tegangan variabel dibutuhkan sebuah dioda lagi (D2) yang terhubung dengan keluaran dan kaki adjustment pada IC regulator. Proteksi diterapkan jika regulator tegangan di set untuk mengeluarkan tegangan di atas 24V, nilai kapasitansi Cout > 25uF dan Cadj > 10uF.

No comments:

Post a Comment