Teori dan Perhitungan Bermacam-macam Adjustable Voltage Regulator - Edukasi Elektronika

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, 26 May 2015

Teori dan Perhitungan Bermacam-macam Adjustable Voltage Regulator


Fixed Voltage Regulator sebagai Adjustable Voltage Regulator
Walaupun fixed voltage regulator seperti IC 78xx sudah memiliki tegangan keluaran yang telah ditetapkan, tetapi ternyata IC 78xx ini juga dapat bertindak sebagai regulator tegangan variabel atau dengan kata lain dapat kita ubah-ubah tegangan keluarannya seperti tampak pada gambar berikut.
Rangkaian di atas mampu menghasilkan tegangan keluaran 7V sampai dengan 30V hanya dengan memutar potensiometer VR1. Adapun syarat dari regulator tegangan variabel menggunakan IC 78xx ini adalah :

1. Vin – Vout ≥ 2V
2. Vin ≥ 35V (lihat datasheet untuk Vin maksimum)

Sebenarnya menggunakan fixed regulator 78xx sebagai regulator tegangan variabel ini jarang digunakan, karena sebagian besar orang lebih memilih menggunakan IC LM317 sebagai regulator tegangan variabel.

Adjustable Voltage Regulator IC

Adjustable Voltage Regulator IC merupakan jenis regulator tegangan yang dapat kita tentukan keluaran tegangannya atau bisa juga dibuat sebagai regulator tegangan variabel. Jenis IC yang sering digunakan sebagai Adjustable Voltage Regulator ini adalah IC regulator LM317 (positif) dan LM337 (negatif). Rentang tegangan yang mampu diatur oleh IC regulator ini adalah 1,2V sampai dengan 37V.

Berbeda dengan IC keluarga 78xx, rangkaian LM317 dasar memerlukan komponen tambahan yakni dua buah resistor yang berfungsi untuk menentukan tegangan keluaran dari IC regulator LM317 ini. Rangkaian dasar / minimum untuk IC LM317 ini dapat bekerja, dapat dilihat pada gambar berikut ini.

Untuk menentukan tegangan keluaran pada rangkaian di atas digunakan persamaan berikut.

Vo = 1,25 x (1 + R2/R1) IADJ x R2

Dimana:

Vo = Tegangan keluaran dalam Volt (V) 
R1 dan R2 = Resistansi resistor dalam Ohm (Ω), biasanya resistansi R1 sudah ditentukan yakni 240 Ω dan kita tinggal mencari nilai resistansi R2.
IADJ = Arus pada kaki adjustment IC LM317 (lihat datasheet) dalam Ampere (A)

Untuk membuatnya menjadi regulator tegangan variabel ganti resistor R2 dengan potensiometer / variabel resistor dengan nilai resistansi sebesar 5kΩ sampai dengan 10kΩ, seperti berikut ini.

2 comments:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai elektronika
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai elektronika yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar elektronika

    ReplyDelete
  2. Testing the current continuity will highlight where electricity may not be able to pass through or where there is a sharp spike in current. Multimeter

    ReplyDelete

Post Top Ad

Responsive Ads Here