Tester Flyback Televisi - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Monday 8 June 2015

Tester Flyback Televisi


Kali ini workshop electronics 3 in 1 sedang berkreasi di bidang perbaikan televisi. Kami akan berbagi mengenai Tester Flyback Televisi. Dengan menggunakan Tester Flyback Televisi ini kita dapat mengetahui kondisi flyback pada saat memperbaiki televisi. Tester Flyback Televisi ini dirancang menggunakan driver transformer flyback yang diberikan sinyal input dari Astable Multivibrator IC NE555. Rangkaian Tester Flyback Televisi pada gambar dibawah didesain untuk mengoperasikan flyback dengan sumber tegangan 12 volt DC dan dengan frekuensi yang dapat diatur dari 8 KHz hingga 20 MHz.
Kadang kala saat kita melakukan perbaikan televisi dan mendiagnosa kerusakan terjadi pada flyback, maka akan sedikit meragukan apabila kita hanya menggunakan AVO meter saja untuk menentukan flyback tersebut masih dalam kondisi baik atau sudah rusak. Maka dari itu, rangkaian dibawah ini sangat efektif untuk menentukan kondisi flyback. Hal ini juga mempermudah dan mempercepat kita dalam pengerjaan perbaikan televisi.


Berikut ini adalah gambar rangkaian Tester Flyback Televisi :
Selain frekuensi kerja driver flyback tester ini dapat diatur, duty cycle pulsa driver pada rangkaian Tester Flyback Televisi ini juga dapat diatur dari 0-100%. Tujuan mengatur duty cycle pulsa driver flyback ini karena flyback akan bekerja secara optimal pada duty cycle pulsa driver di kisaran 90%. 

Untuk menggunakan rangkaian Tester Flyback Televisi ini dapat dilakukan pada kondisi flyback yang tidak terhubung dari rangkaian televisi (flyback harus dilepas dari papan PCB). Kemudian menghubungkan jalur primer transformer pada rangkaian tester flyback dan mendekatkan anoda flyback ke terminal ground sekunder flyback yang telah disediakan. Apabila kondisi flyback baik maka pada saat rangkaian tester ini dinyalakan maka pada anoda flyback tersebut akan muncul percikan listrik dari anoda ke terminal ground tersebut. 

Perlu diperhatikan, bahwa dalam mengetest flyback tidak boleh terlalu lama (maksimum 1 menit) apabila telah diketahui kondisi flyback dari munculnya percikan listrik tersebut. Hal ini disebabkan untuk menjaga Power MOSFET tester agar tidak panas dan rusak. Power MOSFET driver flyback pada rangkaian tester flyback ini harus dipasang pada heatsink (pendingin) yang cukup. Karena akan menghasilkan panas, maka perlu diredam dengan heatsink.

Untuk pemesanan Tester Flyback Televisi silahkan KLIK DISINI

No comments:

Post a Comment