Rangkaian Penguji (Tester) Transformator Ferit Untuk SMPS - Edukasi Elektronika

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, 6 October 2015

Rangkaian Penguji (Tester) Transformator Ferit Untuk SMPS


Sekarang ini elektronika mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dahulu Power Supply umumnya hanya menggunakan trafo Step-Down, Dioda Rectifier, Capasitor, dan Dioda Zener atau stabilizer tegangan. Seiring perkembangan teknologi yang menuntut efektiitas dan efisiensi tinggi, maka sekarang yang banyak digunakan adalah SMPS (Switching Mode Power Supply). SMPS ini adalah jenis Power Supply yang langsung menyearahkan (rectifier) dan menyaring (filter) tegangan Input AC untuk mendapatkan tegangan DC. Tegangan DC tersebut kemudian di-switch ON dan OFF pada frekuensi tinggi dengan sirkuit frekuensi tinggi sehingga menghasilkan arus AC yang dapat melewati Transformator Frekuensi Tinggi. Untuk membuat sebuah SMPS yang terpenting adalah mengerti rangkaian switching frekuensi tinggi dan Transformator frekuensi tinggi yang biasanya menggunakan inti Ferit.

Berikut ini adalah Rangkaian Penguji (Tester) Transformator Ferit Untuk SMPS :
Dengan mempunyai alat ini, maka anda akan lebih tahu bagaimana cara membuat SMPS yang benar. Alat ini bisa menunjukan berapa lilitan yg harus anda buat dengan bahan baku yang anda miliki, misalnya trafo bekas AC Matic Televisi ataupun bekas FBT televisi. Titik A dan B sambungkan dengan primer trafo ferit.



Agar menjadi alat tester yang utuh buatlah probe penguji seperti gambar dibawah ini :

Alat diatas nanti berguna untuk menguji trafo yang kita buat agar 100% benar. Tidak pakai trial and error. Selain itu juga bisa untuk menguukur trafo yang sedang dibuat atau setelah dibuat, juga dapat untuk test finishing saat SMPS sudah jadi.

Untuk pemesanan Alat Penguji (Tester) Transformator Ferit Untuk SMPS, Silahkan KLIK DISINI

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here