Loading...
Thursday, 12 May 2016

Pengendalian (Kontrol) Sekuensial dengan PLC (Programmable Logic Controller)


Sebelumnya kita sudah membahas mengenai Pengertian dan Definisi PLC (Programmable Logic Controller). Kali ini kita akan membahas mengenai Pengendalian (Kontrol) Sekuensial dengan PLC (Programmable Logic Controller).
Baca Juga : Sejarah dan Awal Perkembangan PLC (Programmable Logic Controller) 


Apabila melakukan pengendalian peralatan maka akan mencakup tiga bagian, yaitu : Input, Output dan Controller. Bagian input adalah peralatan yang memberikan masukan untuk menentukan proses kerja peralatan  yang dikontrol (switch tekan, limit switch, thumbwheel switch, flow switch, level switch, dll). Bagian output adalah peralatan yang dipergunakan untuk melaksanakan hasil dari suatu proses (motor, solenoid, led display, heater, lampu, dll). Bagian controller adalah melaksanakan perhitungan, pengambilan keputusan, pengendalian dari input untuk dikeluarkan dibagian output.
Untuk  mengetahui  dasar  kerja  PLC  diberikan  contoh  pada  gambar,  yaitu  dasar pemrograman  dengan  ladder,  sehingga  akan  mudah  dipahami  bagaimana  merancang suatu program mengenai relay dan switch yang selanjutnya dimasukkan ke memory PLC dengan memakai console atau download dengan personal komputer (PC).

0 komentar:

Post a Comment

 
TOP