Cara Menyolder/Menggunakan Solder dengan Baik dan Benar - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Wednesday 30 March 2016

Cara Menyolder/Menggunakan Solder dengan Baik dan Benar

Solder merupakan alat bantu dalam merakit atau membongkar rangkaian elektronika pada rangkaian yang terdapat pada papan PCB. solder merupakan alat elektronika yang mengubah energi listrik menjadi energi panas. Solder banyak jenis dan beragam bentuknya, pada umumnya berbentuk seperti pistol, dan lurus dengan mata solder di ujung yang berbentuk lancip, dan dilengkapi tombol pengatur suhu ukuran tinggi rendahnya panas yang dihasilkan untuk membuat kawat timah mencair agar dapat melepaskan atau menyatukan kaki-kaki komponen pada papan PCB. Suhu panasnya yang terlalu berlebihan dapat merusak komponen atau menyebabkan komponen lain ikut terlepas. Solder pula digunakan untuk upaya alternatif jumper dengan menghubungkan kabel kecil pada hubungan yang putus pada papan PCB agar yang retak atau terputus agar dapat tersambung kembali.


Cara menggunakan Solder

1. Berikut ini adalah cara memegang solder yang baik.




2. Langkah selanjutnya adalah dengan menancapkan mata atau ujung solder ke komponen pada papan PCB.


3. Kalau mata solder sudah ditancapkan, selanjutnya adalah lelehkan kawat atau tinol dengan cara tempelkan kawat ke mata solder.



4. Kemudian perlahan lepas kawat dan juga soldernya seperti contoh pada gambar dibawah ini.

5. Jangan lupa bersihkan solder Anda setelah digunakan.






2 comments: