Perbedaan dan Persamaan Arduino UNO vs Genuino UNO - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Post Top Ad

Post Top Ad

Saturday, 30 March 2019

Perbedaan dan Persamaan Arduino UNO vs Genuino UNO

Arduino UNO sama persis dengan Genuino UNO, tidak ada bedanya, yang membedakannya hanyalah namanya saja yaitu Arduino dan Genuino. Pihak pembuat Arduino telah membagi pendistribusian board UNO menjadi 2 nama yaitu Arduino UNO untuk dijual secara resmi hanya di wilayah Amerika saja, sedangkan Genuino UNO dijual di wilayah luar Amerika.


Arduino Uno


Genuino Uno

Arduino ataupun Genuino adalah prototipe elektronika untuk chip mikrokontroller yang bersifat open source. Sampai saat ini software Arduino terus dikembangkan, begitu juga dengan board Arduino. Saat ini telah banyak beredar dengan bebas board yang kompatibel dengan Arduino, bahkan beberapa di antaranya telah dilengkapi dengan fasilitas yang lebih baik dan lengkap dibanding dengan yang board Arduino yang aslinya.

UNO berasal dari bahasa Italy yang berarti SATU. Arduino UNO merupakan board yang menggunakan chip mikrokontroller ATmega328 sebagai pusat kendalinya. Arduino UNO mempunyai 14 pin digital input/output, juga dilengkapi dengn 6 input analog, osilator eksternal dengan menggunakan kristal 16 MHz, konektor USB, jack untuk power supply, header untuk ICSP dan tombol reset.

Arduino UNO dapat diberi sumber tegangan dengan menggunakan USB dari komputer maupun menggunakan power supply tambahan melalui jack power. Jika daya listrik yang dibutuhkan lebih dari 500 mA, sebaiknya menggunakan power supply eksternal bukan terminal USB. Pada Arduino UNO telah dilengkapi dengan fasilitas pemilihan sumber listrik secara otomatis.

Untuk melihat atau mengunduh seluruh skematik rangkaian dan layout dari Arduino UNO, baik itu versi lama maupun versi baru dapat dilihat pada situs dengan alamat https://store.arduino.cc/usa/arduino-uno-rev3.

Sampai saat ini tim Arduino telah melakukan beberapa kali revisi Arduino UNO, sehingga kehandalan board lebih terjamin. Biasanya walaupun ada pembaharuan board Arduino, fungsi dan cara kerja serta penggunaannya tetap sama. Posisi serta nama fitur yang terdapat pada board Arduino UNO dapat dilihat pada gambar berikut.


Board Arduino UNO tampak atas/depan

Sebagai penanda, untuk versi atau revisi dari model board Arduino, dapat dilihat pada bagian bawah/belakang dari PCB Arduino. Pada gambar dibawah terlihat bahwa model Board Arduino UNO adalah Versi Release 3 (R3).


Saat ini pihak pembuat dan pengembang Arduino telah merilis 2 jenis board UNO yaitu Arduino UNO dan Genuino UNO, tetapi fungsi dan cara kerjanya serta cara penggunaannya sama persis.

Untuk dapat berkomunikasi dengan komputer melalui port USB, maka Arduino UNO dan Genuino UNO menggunakan chip mikrokontroller tipe ATmega16U2. Chip mikrokontroller ATmega16U2 telah di isi program tertentu di dalamnya dengan istilah bootloader, sehingga dapat digunakan sebagai media komunikasi serial dan sekaligus sebagai programmer untuk chip mikrokontroller ATmega328 yang ditanamkan untuk board Arduino UNO. Ringkasan fitur umum untuk board Arduino UNO dapat dilihat pada tabel berikut.

Bootloader Arduino UNO yang terdapat pada mikrokontroller ATmega16U2 dapat di isi ulang dengan atau diganti dengan bootloader jenis yang lainnya. Untuk mengganti bootloader tersebut dibutuhkan perangkat downloader tambahan. 

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, bahwa Arduino UNO telah mengalami revisi beberapa kali, untuk skematik rangkaian Arduino UNO versi 3 dapat dilihat pada gambar berikut.






Tag :

toko arduino, arduino online, jasa arduino, toko elektronik, arduino, arduino adalah, arduino download, arduino ide, arduino projects, toko elektronik malang, toko elektronik bandung, toko elektronik surabaya, belajar arduino, harga sensor, jual arduino glodok, arduino serial, arduino tutorial, jual komponen elektronika grosir dan eceran, arduino pdf, modul arduino, arduino uno projects, jual komponen elektronika glodok, simulator arduino, arduino indonesia, arduino programming, arduino servo, arduino android, proyek arduino untuk pemula, arduino pwm, ldr arduino, toko robot, ebook arduino, motor dc arduino, software arduino, arduino eeprom, arduino led, pwm arduino, toko komponen elektronik terlengkap, arduino timer, program arduino, arduino nano datasheet, arduino uno schematic, jual komponen elektronika, toko komponen elektronik online terpercaya, arduino nano pinout, arduino software, tutorial arduino, harga arduino uno asli, proyek arduino, toko komponen elektronik online, arduino simulator, arduino code, toko komponen elektronik, lm35 arduino, arduino controller, arduino library, arduino atmega328, toko electronic, arduino bluetooth, toko elektronik di bali, projek arduino uno, toko elektronik di surabaya, toko elektronik online, mikrokontroler arduino, toko elektronik tangerang, toko elektronik di denpasar

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad