Penjelasan tentang OpenPLC Platform - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Monday 1 August 2022

Penjelasan tentang OpenPLC Platform

OpenPLC adalah PLC open source standar pertama yang berfungsi penuh, baik dalam perangkat lunak maupun perangkat keras. OpenPLC adalah Programmable Logic Controller sumber terbuka yang didasarkan pada perangkat lunak yang mudah digunakan. OpenPLC digunakan pada otomasi industri dan rumah, internet of things dan penelitian SCADA. Perangkat lunak ini tersedia untuk dua platform saja, yaitu Windows dan Linux.  

OpenPLC editor adalah sebuah perangkat lunak yang memungkinkan seorang penulis program untuk OpenPLC runtime. Perangkat lunak ini dibuat berdasarkan standar IEC 61131-3 dan mudah digunakan serta mendukung lima bahasa yakni :

1. Ladder Logic (LD)

2. Function Block Control (FBD)

3. Function Block Diagram (FBD)

4. Instruction List (IL)

5. Structured Text (ST)

6. Sequential Function Chart (SFC)

Cara Menjalankan OpenPLC

Setelah Anda mengunduh OpenPLC, baik windows maupun linux, Anda dapat memulai dengan cara mengekstraknya. Pada Windows, selesai Anda mengekstrak paket OpenPLC tadi, Anda dapat mulai menjalankannya dengan double click pada shortcut OpenPLC. Sedangkan pada Linux, Anda harus menginstallnya terlebih dahulu. Setelah Anda selesai mengekstrak paket OpenPLC untuk Linux, masuklah ke dalam direktori hasil ekstraksi. Di dalam direktori hasil ekstraksi, jalankan perintah berikut ini.

./install.sh

Setelah selesai menginstall, sebuah shortcut aplikasi akan muncul pada menu aplikasi di Linux Anda.

OpenPLC tidak dapat digunakan untuk memprogram PLC komersial seperti Omron, dan Siemens. Ada salah satu software yang digunakan untuk memprogram bermacam-macam PLC yaitu pakai codesys yang termasuk komersial namun di runtimenya. Kalau dipakai di PLC Omron, Siemens, pada saat dia di paket oleh Omron codesys maka tidak bisa dipakai, misalnya untuk Siemens, karena dia mungkin sudah memiliki lesson tersendiri yang dikoneksikan. Jadi, OpenPLC tidak bisa, termasuk software yang lainnya juga tidak bisa. Misalnya, software PLC Omron dipakai untuk ke Siemens maka tidak bisa. Tetapi kalau untuk hardwarenya, OpenPLC ini bisa apa saja, dalam arti yang dari basisnya adalah soft PLC yang ada web servernya maka akan bisa digunakan.




 

No comments:

Post a Comment