Penjelasan tentang Kapasitor Milar - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Friday 9 December 2022

Penjelasan tentang Kapasitor Milar

Kapasitor Milar

Kapasitor milar atau kapasitor polyester (PET) merupakan jenis kapasitor khusus yang memiliki beberapa fitur khusus daripada jenis kapasitor keramik dan elektrolitik. Kapasitor milar termasuk jenis komponen elektronika non polar. Artinya, kedua kaki kapasitor ini tidak memiliki polaritas tegangan. Jadi, tidak dibutuhkan cara khusus dalam pemasangan kapasitor milar. Kapasitor ini memiliki ketahanan terhadap tegangan tinggi dengan ukuran yang relatif kecil. Selain itu, kapasitor milar juga memberikan ketahanan tinggi terhadap kelembaban.

 

Kapasitor milar terbuat dari unsur polythelen atau polyester sebagai sekat dielektriknya. Bentuk kapasitor ini dilengkapi dengan bahan epoxy yang mengkilat, sehingga bisa dengan mudah mengidentifikasi komponen ini. Kapasitor ini tersusun dari dua buah lempeng atau pelat logam secara paralel dan dipisahkan oleh sekat dielektrika. Jadi, tidak jarang kapasitor milar ini disebut sebagai kapasitor polyester. 

 

Walaupun ada banyak jenis polyester, namun istilah "Polyester" disini mengacu pada polyethylene terephthalate yang merupakan singkatan dari PET. Adanya PET ini, menjadikan kapasitor milar memiliki beberapa sifat khusus sehingga membuatnya cocok untuk aplikasi tertentu yang akan kita dibahas di bawah ini. Kapasitor milar tidak memiliki polaritas yang mirip dengan kapasitor keramik, dengan kata lain kapasitor ini bisa dihubungkan ke segala arah, mudah dipasang pada breadboard atau pun pada perfboard. 

 

Simbol untuk kapasitor milar hanya dua garis polos seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini karena kapasitor milar tidak memiliki polaritas.

 

Simbol Kapasitor Milar

 

Perbedaan Kapasitor Milar dengan Kapasitor Lain

 

Kapasitor keramik dan kapasitor elektrolit merupakan jenis kapasitor yang paling umum digunakan. Walau demikian, kapasitor milar memiliki aplikasi atau fungsi sendiri karena karakteristik uniknya. Kapasitor milar memiliki kekuatan dielektrik yang tinggi sehingga kita bisa membangun kapasitor tegangan tinggi dalam ukuran yang lebih kecil dibandingkan menggunakan kapasitor elektrolitik. Selain itu, kapasitor milar juga bisa bekerja dalam suhu tinggi sampai 125°C dengan sedikit toleransi pada rating tegangannya.

 

Karakteristik Kapasitor Milar

 

Seperti halnya jenis kapasitor yang lain, kapasitor milar juga memiliki karakteristik tersendiri yang menjadikannya lebih cocok untuk digunakan pada aplikasi tertentu. Berikut ini beberapa karateristik kapasitor millar, antara lain.

 

Toleransi 

 

Kebanyakan kapasitor film polyester hanya mempunyai toleransi antara 5% atau 10%, sehingga memadai untuk digunakan pada banyak aplikasi.

 

Kekuatan dielektrik tinggi

 

Dielektrik polyester yang digunakan pada kapasitor milar mempunyai kekuatan dielektrik yang tinggi, dengan kata lain kapasitor tegangan tinggi dapat dibuat relatif kecil.

 

Temperatur 

 

Sebagai hasil dari sifat-sifat dielektrik polyester, kapasitor milar masih bisa beroperasi hingga suhu 125 ° C, walaupun dengan rating de-voltase.

 

ESR 

 

Kapasitor polyester bisa memberikan tingkat resistansi seri ekivalen yang rendah.

 

DV/dt tinggi 

 

Berdasarkan konstruksi dan dielektrik polyester, maka kapasitor PET bisa digunakan dalam aplikasi dimana lonjakan waktu kenaikan tajam muncul dengan cepat, hal ini karena mampu mengakomodasi nilai dV/dt tinggi.

 

Versi Leaded (Bertimbal) 

 

Kapasitor polyester hanya tersedia dalam versi bertimbal, dan tidak tersedia dalam paket pemasangan permukaan (surface mount packages).

 

Berikut ini data karakteristik kapasitor milar


• Kisaran Kapasitansi       : 0.001uF hingga 5.6uF

 

• Rentang Tegangan        : 50V hingga 630V

 

• Toleransi                      : ± 10%

 

• Konstanta dielektrik      : 3,2 pada 1MHz

 

• Faktor disipasi              : 0,5 pada 1kHz

 

• Penyimpangan kapasitif : 1.5

 

• Suhu Operasional         : 125°C (maks)

 

No comments:

Post a Comment