Audio Jack : Pengertian dan Jenis - jenisnya - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Friday 24 February 2023

Audio Jack : Pengertian dan Jenis - jenisnya

Seseorang yang sering mendengarkan musik atau pun menelepon dengan menggunakan earphone atau pun headphone, baik earphone yang diikutsertakan dalam paket penjualan handphone atau smartphone maupun earphone yang kita beli terpisah. Di ujung earphone, terdapat sebuah konektor yang berfungsi untuk menghubungkan spekaer dan microphone earphone dengan handphone atau smartphone kita. 

 

Konektor tersebut sering kita sebut dengan istilah “Audio Jack”. Jadi, yang dimaksud dengan audio jack yaitu konektor yang menghubungkan earphone atau headphone dengan perangkat yang bisa menghasilkan audio seperti audio player, smartphone, komputer PC, laptop dan alat-alat musik listrik atau perangkat yang menerima input audio dari mikropon seperti amplifier atau pengeras suara. Sebutan lain dari audio jack seperti phone jack, headphone jack, phone connector, earphone jack atau pun jack plug. 

 

Baca juga : Proyek Machine Learning: Memprediksi Tren Pasar dengan Big Data

 

Jenis - jenis Audio Jack

 

Jika dilihat dari ukurannya, audio jack ada yang memiliki ukuran 2,5 mm (3/32 inci), 3,5 mm (1/8 inci) dan 6,35 mm (1/4 inci). Jika dilihat dari jumlah konduktornya, audio jack ini bisa dibedakan menjadi audio jack TS, TRS dan TRRS. Apa yang dimaksud dengan TS, TRS dan TRRS?

 

A. Audio Jack tipe TS (Tip-Sleeve)

 

Audio Jack TS (Tip-Sleeve) merupakan audio jack yang terdiri dari dua konduktor saja yaitu bagian konduktor tip dan bagian konduktor sleeve. Biasanya tip ini dihubungkan ke signal audio, sedangkan bagian sleeve dihubungkan ke ground. Audio Jack TS ini digunakan untuk mikrofon atau pun audio dengan model mono (suara kanan dan suara kiri sama saja).

 

B. Audio Jack tipe TRS (Tip-Ring-Sleeve)

 

Audio Jack TRS (Tip-Ring-Sleeve) memiliki tiga bagian konduktor yaitu konduktor tip, konduktor ring dan konduktor sleeve. Pada umumnya, bagian konduktor tip dihubungkan ke kanal kiri audio (Left Channel) dan bagian ring dihubungkan ke kanal kanan audio (Right Channel). Sedangkan bagian konduktor sleeve dihubungkan ke ground. Audio Jack TRS ini mendukung audio dengan mode stereo.

 

C. Audio Jack tipe TRRS (Tip-Ring-Ring-Sleeve)

 

Audio Jack tipe TRRS (Tip-Ring-Ring-Sleeve) merupakan tipe audio jack yang paling lengkap karena terdapat empat bagian konduktor yaitu 1 konduktor tip, 2 konduktor ring dan 1 konduktor sleeve. Biasanya, Audio Jack TRRS yang berukuran 3,5 mm digunakan untuk mendengarkan musik dan berkomunikasi di hampir semua jenis smartphone yang beredar di pasaran. Pada umumnya, konfigurasi Audio Jack TRRS ini yaitu konduktor tip untuk audio kanal kiri (Left Channel), konduktor ring pertama untuk audio kanal kanan (Right Channel), konduktor ring kedua untuk ground dan konduktor sleeve untuk mikrofon.

 

No comments:

Post a Comment