Memahami Arsitektur Komputer : Prosesor, Memori dan Perangkat Input/Output - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Thursday 14 September 2023

Memahami Arsitektur Komputer : Prosesor, Memori dan Perangkat Input/Output

Arsitektur komputer merupakan konsep perencanaan dan struktur pengoperasian yang mendasar dari sebuah sistem komputer. Biasanya konsep dan struktur tersebut berfokus pada cara kerja serta cara mengakses data. Pada artikel kali ini akan membahas tentang komponen utama dalam arsitektur komputer, yaitu prosesor, memori dan perangkat input/output. 

 

1. Prosesor (CPU - Central Processing Unit)

 


Prosesor atau yang sering disebut dengan CPU (Central Processing Unit) merupakan otak dari komputer. Prosesor bertanggung jawab atas eksekusi instruksi program yang dijalankan oleh komputer. Prosesor bekerja dalam siklus clock yang termasuk langkah-langkah dasar dalam menjalankan instruksi. Prosesor modern memiliki beberapa inti yang memungkinkan untuk menjalankan banyak instruksi secara paralel. Hal ini meningkatkan kinerja komputer untuk tugas-tugas yang membutuhkan pemrosesan data secara intensif. 

 

Prosesor memiliki cache yang digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sering digunakan. Cache memungkinkan CPU untuk mengakses data dengan lebih cepat daripada mengambilnya dari memori utama yang lebih lambat.

 

2. Memori

 

Memori merupakan media penyimpanan pada komputer yang digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang diperlukan oleh CPU. Tiap program dan data dalam komputer akan disimpan di dalam memori. Ada beberapa jenis memori dalam sebuah komputer, antara lain :

 

a. RAM (Random Access Memory)

 


RAM merupakan jenis memori yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara untuk program dan data yang sedang berjalan. RAM termasuk memori bersifat volatile. Artinya, data akan hilang saat komputer dimatikan. Semakin banyak RAM yang dimiliki oleh komputer, semakin banyak juga program dan data yang dapat diakses dengan cepat. 

 

b. ROM (Read-Only Memory)

 

ROM merupakan jenis memori yang berisi berbagai instruksi dasar yang diperlukan untuk memulai komputer. ROM bersifat non-volatile, yang artinya data dalam ROM tetap ada bahkan ketika komputer dimatikan. Salah satu contoh dari program yang disimpan dalam ROM adalah BIOS (Basic Input/Output System). 

 

c. Memori Sekunder

 

Memori sekunder merupakan jenis memori yang digunakan untuk menyimpan data jangka panjang, seperti sistem operasi, aplikasi dan file pengguna. Memori sekunder yang dimaksud adalah hard drive (HDD) dan solid-state drive (SSD). 

 

3. Perangkat Input/Output

 

Perangkat input/output merupakan komponen yang digunakan untuk berkomunikasi antara komputer dan dunia luar. Beberapa contoh perangkat input meliputi keyboard, mouse dan mikrofon. Sedangkan perangkat output meliputi, layar monitor, printer dan speaker. Perangkat input berperan seperti mouse dan keyboard yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan komputer. Perangkat I/O memungkinkan komputer untuk berbagi informasi atau mencetak dokumen, sehingga memperluas fungsionalitasnya. Perangkat input memungkinkan pengguna untuk memasukkan data ke dalam komputer, sedangkan perangkat output memungkinkan komputer untuk menampilkan informasi kepada pengguna. Perangkat input/output ini adalah jembatan yang menghubungkan antara pengguna dan komputer, memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan teknologi digital.

 

No comments:

Post a Comment