Rangkaian Alat Pengusir Tikus - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Friday 29 March 2013

Rangkaian Alat Pengusir Tikus

Apabila kita tinggal di kota besar tentu sering jengkel dengan ulah hewan penganggu yang bernama "tikus". Kali ini saya akan berbagi mengenai Rangkaian Alat Pengusir Tikus, Alat ini berfungsi mengeluarkan suara yang membuat tikus akan pergi dari rumah kita.

Berikut adalah Rangkaian Alat Pengusir Tikus:



IC timer NE555 disini berfungsi sebagai pembangkit frekuensi. Dan trafo yang digunakan cukup transformator step down 250 mA dengan tegangan sekunder 6 volt saja. Secara sederhana Rangkaian Alat Pengusir Tikus ini adalah sebuah oscilator yang mengeluarkan gelombang ultrasonic pada kisaran frekuensi 20 – 40 KHz. Gelombang ultrasonic yang dihasilkannya tidak akan terdengar di telinga kita tapi akan sangat mengganggu sekali bagi telinga tikus. Base Frequency lalu dimodulir dengan signal 50 Hz yang didapat dari frekuensi tegangan jala-jala PLN melalui kapasitor C3 (untuk menghindari tikus menjadi kebal terhadap alat ini) sehingga akan dihasilkan ayunan frekuensi antara 20 – 40 KHz secara periodik.
Mungkin di telinga kita tidak terdengar apa-apa, atau mungkin tidak berpengaruh apa-apa. Bagi para tikus suara yang ditimbulkan alat ini seperti suara musik yang gak jelas dan sekeras-kerasnya. Sehingga membuat para tikus tidak tahan dengan suara ini, jadi otomatis mereka akan pergi dari rumah anda.

Semoga Bermanfaat......!!!!

No comments:

Post a Comment