Sensor Warna TCS3200 - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Post Top Ad

Post Top Ad

Saturday, 26 September 2020

Sensor Warna TCS3200

Sensor Warna TCS3200 adalah sebuah sensor yang dibangun dengan menggunaan chip sensor TAOS TCS3200 RGB. Sensor warna TCS3200 mampu mendeteksi berbagai jenis warna berdasarkan panjang gelombang. Sensor ini sangat berguna untuk proyek yang melobatkan pengenalan warna, pencocokan warna, pengurutan warna, dan lain sebagainya. 


Baca Juga : Sensor Suhu Non Contact MLX90614 GY-906.


Berikut ini adalah bentuk Fisik dari Sensor Warna TCS3200 :

Sensor ini membutuhkan tegangan antara 2,7 Volt sampai dengan 5 Volt untuk dapat beroperasi. TCS3200 ini dilengkapi dengan array photodiode dan 4 filter yang berbeda. Sensor ini memiliki 16 photodioda dengan filter warna merah yang sensitif terhadap panjang gelombang untuk warna merah, memiliki 16 photodioda dengan filter warna hijau yang sensitif terhadap panjang gelombang untuk warna hijau, memiliki 16 photodioda dengan filter warna biru yang sensitif terhadap panjang gelombang untuk warna biru, dan yang terakhir memiliki 16 photodioda tanpa filter. 


Berikut ini adalah Blok Diagram dari Sensor Warna TCS3200 :


Dengan memilih filter yang berbeda, kita dapat mendeteksi intensitas setiap warna. Pemilihan filter dilakukan dengan memberikan nilai logika LOW dan HIGH ke pin control S2 dan S3. 


Berikut ini adalah tabel pemilihan filter photodiode pada Sensor Warna TCS3200 :

 


 

Terlihat pada diagram blok bahwa sensor ini memiliki pengonversi arus ke frekuensi yang akan mengubah hasil pembacaan photodiode menjadi bentuk pulsa di mana frekuensinya proporsional dengan intensitas cahaya dari warna yang dipilih. Frekuensi tersebut akan dibaca oleh Arduino. Pin S0 dan S1 digunakan untuk scaling frekuensi output. Nilai scaling yang dapat dipilih adalah 2%, 20%, dan 100%. Scaling frekuensi output sangat berguna untuk optimasi pembacaan sensor. Pada Arduino umumnya digunakan scaling frekuensi 20%. Nilai logika yang dapat diberikan ke pin S0 dan S1 terkait scaling ini ditunjukkan pada tabel berikut ini :

 


 

 

No comments:

Post a comment

Post Top Ad