Sensor Infrared (IR) Proximity FC-51 - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Post Top Ad

Post Top Ad

Thursday, 24 September 2020

Sensor Infrared (IR) Proximity FC-51

Sensor Infrared Proximity FC-51 memiliki Infrared Transmitter dan Infrared Receiver yang akan mendeteksi keberadaan hambatan didepan modul sensor. Infrared Transmitter adalah bagian yang memancarkan radiasi infra merah, sehingga biasa disebut IR LED. Meskipun IR LED tampak seperti LED normal pada umumnya, namun radiasi yang dipancarkan oleh IR LED tidak akan terlihat oleh mata manusia. Infrared Receiver adalah bagian yang mendeteksi radiasi dari Infrared Transmitter. IR Transmitter biasanya berbentuk photodioda dan phototransistor.


Baca Juga : Sensor PIR (Passive Infrared Receiver)


Photodioda Infrared berbeda dari photodioda normal karena hanya mendeteksi radiasi infrared saja. Output dari sensor ditentukan berdasarkan intensitas penerimaan yang diterima photodioda. Berikut ini adalah bentuk fisik dari Sensor Infrared (IR) Proximity FC-51 :


Pada modul ini terdapat potensiometer yang dapat digunakan untuk mengatur jangkauan pendeteksian. Modul ini menggunakan komparator IC LM393. Rangkaian komparator pada modul ini menggunakan mode non-inverting di mana ketika tegangan pada pin (+) lebih besar dari pin (-) , maka output akan berayun ke arah V+, tetapi jika tegangan pada pin (+) lebih kecil dari pin (-), maka output akan berayun ke arah V-.

 

Pada Modul rangkaian komparator ini LED obstacle yang berada di modul FC-51 ini akan padam ketika output berayun ke arah V+ dan LED obstacle yang berada di modul FC-51 ini akan menyala ketika output berayun ke arah V-.

 

 

No comments:

Post a comment

Post Top Ad