Sensor Gyroscope dan Accelerometer MPU6050 - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Post Top Ad

Post Top Ad

Tuesday, 20 October 2020

Sensor Gyroscope dan Accelerometer MPU6050

Motion interface menjadi salah satu fungsi wajib yang diadopsi produsen smartphone dan tablet, karena hal tersebut mampu menambahkan nilai lebih kepada para pengguna. Pada smartphone, motion interface biasa digunakan pada aplikasi seperti gesture command, game, augmented reality, pengambilan foto panorama dan navigasi kendaraan. Dengan kemampuannya yang akurat dan presisi untuk melacak pergerakan pengguna, motion interface mampu mengubah smartphone dan tablet menjadi perangkat 3D yang cerdas dan andal. Kunci utama dari perangkat motion interface adalah ukuran yang kecil, kebutuhan daya yang kecil, akurasi tinggi, toleransi goncangan yang tinggi dan harga yang murah.


Baca juga : Fingerprint Sensor Z70 .


Sensor Gyroscope dan Accelerometer MPU6050 adalah perangkat pertama di dunia yang memiliki 6-axis Motion Tracking di mana perangkat ini mengkombinasikan 3-axis gyroscope, 3-axis accelerometer dan sebuah DMP (Digital Motion Processor). MPU6050 mampu menerima input dari 3-axis compass untuk memberikan output Motion Fusion yang lengkap.


Berikut ini adalah bentuk Fisik dari Sensor Gyroscope dan Accelerometer MPU6050 :




MPU6050 memiliki 3 ADC 16 bit untuk keluaran gyroscope dan 3 ADC 16 bit untuk keluaran accelerometer. Untuk presisi pelacakan terkait cepat atau lambat pergerakan, perangkat ini memiliki rentang skala gyroscope yang dapat diprogram oleh pengguna dari kurang lebih 250, kurang lebih 500, kurang lebih 1000, dan kurang lebih 2000 derajat per detik dan rentang skala accelerometer yang dapat diprogram oleh pengguna dari kurang lebih 2g, kurang lebih 4g, kurang lebih 8g, kurang lebih 16g. Rentang tegangan operasi dari MPU6050 ini antara 2,375 Volt sampai dengan 3,46 Volt. Pengambilan data dari MPU6050 dapat dilakukan dengan menggunakan protokol I2C.




No comments:

Post a comment

Post Top Ad