Sensor Berat (Load Cell) - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Post Top Ad

Post Top Ad

Sunday, 18 October 2020

Sensor Berat (Load Cell)

Sensor Berat (Load Cell) adalah perangkat yang mengubah gaya atau beban menjadi output yang terukur. Strain gauge load cell adalah yang paling umum dan didefinisikan sebagai sebuah perangkat yang mengkonversi gaya atau beban menjadi sinyal elektrik yang setara.


Baca Juga : Reed Switch Sensor .


Strain gauge load cell dirancang untuk mengukur secara tepat terkait berat statis. Gaya yang diberikan pada load cell akan dikonversi ke dalam tegangan sesuai dengan perubahan resistansi pada strain gauge. Banyak load cell yang menggunakan strain gauge dengan konfigurasi jembatan Wheatstone empat lengan seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut ini :

 


 

Kebanyakan load cell mengikuti standar pengkabelan yang ditetapkan oleh Western Regional Strain Gage Commite yang direvisi pada Mei 1960. Aturan pengkabelan tersebut ditunjukkan oleh tabel dibawah ini :

 


Pada pembahasan kali ini menggunakan single point load cell. Berikut ini adalah bentuk fisik dari load cell tersebut dengan beban pengukuran maksimal 10 Kg :


Output Tegangan yang dihasilkan dari load cell sangat kecil, sehingga membutuhkan penguat khusus. Penguat yang dapat digunakan adalah modul HX711.

 

HX711 adalah sebuah konverter ADC 24-bit yang dirancang untuk timbangan dan aplikasi kontrol industri. Input multiplexer akan memilih saluran input diferensial A atau B ke penguat PGA (Programmable Gain Amplifier). 

 

Saluran A dapat diprogram dengan gain penguatan 128 atau 64, yang sesuai dengan tegangan input diferensial skala penuh masing-masing yaitu kurang lebih 20 mV atau kurang lebih 40 mV. Saluran B memiliki gain penguatan tetap sebesar 32. On-chip power supply menghilangkan kebutuhan regulator eksternal untuk menyediakan daya bagi ADC dan sensor. Input Clock fleksibel, karena bisa di dapat dari sumber clock eksternal, Kristal atau dari osilator on-chip

 

Berikut ini adalah bentuk fisik dari modul HX711 :






No comments:

Post a comment

Post Top Ad