Perkembangan Robotika Modern dan Peradaban Islam - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Friday, 29 January 2021

Perkembangan Robotika Modern dan Peradaban Islam

Sejarah robotika berawal pada abad pertengahan dimulai dari gurun tandus di Timur Tengah, seorang insinyur dan ilmuan muslim jenius bernama Ismail al Jazzari berhasil membuat berbagai mesin otomatis dan teknologi otomasi awal yang kemudian saat ini kita kenal dengan nama sebagai robot. Engineer satu ini membuat jam gajah yang dapat bekerja secara otomatis yang kemudian dikenal merupakan jam pertama di dunia. Saking jeniusnya, Ismail al Jazzari juga berhasil membuat robot humanoid pertama yang dapat bermain musik. Karya ini bukan hanya klaim sepihak, beliau mendokumentasikan semua penemuannya dan terabadikan dalam salah satu buku yang berjudul Al Jazari, The Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices: Kitab fima'rifat al-hiyal al-handasiyya, Springer, 1973 Edition.

 

Berikut ini cuplikan salah satu halaman Kitab fi ma'rifat al-hiyal al-handasiyya yang menggambarkan Jam Air berbasis Air :

 


 

 


Berikut ini adalah sampul depan dari Buku The Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices :



Tren perkembangan dunia robot tidak hanya ada pada angan-angan pembuat film Hollywood, tetapi merupakan hasil nyata dari kerja panjang para peneliti dan teknokrat yang bergelut di bidang automasi dan kecerdasan buatan. 


Berikut ini adalah Video Dokumentasi dari karya besar Ismail al Jazzari :








No comments:

Post a comment