Perhitungan Lengkap dan Tutorial Cara Membuat Antena (Yagi) untuk Penguat Sinyal Jaringan Seluler GSM 2G, 3G, dan 4G - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Tuesday, 16 March 2021

Perhitungan Lengkap dan Tutorial Cara Membuat Antena (Yagi) untuk Penguat Sinyal Jaringan Seluler GSM 2G, 3G, dan 4G

Saat kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini menuntut para pelajar untuk belajar dirumah menggunakan sistem daring. Tentu untuk melaksanakan pembelajaran daring perlu akses internet yang cukup stabil. Hal ini dikarenakan kebanyakan platform yang dipakai adalah model video conference. Biasanya menggunakan aplikasi seperti Zoom atau Google Meet


Aplikasi tersebut diatas membutuhkan sinyal dan kecepatan internet yang cukup stabil. Tentunya tidak ada masalah berarti bagi pelajar yang berdomisili di wilayah kota. Karena biasanya di wilayah perkotaan sudah ter-cover jaringan internet menggunakan kabel Fiber Optic dengan berlangganan ISP seperti Indihome, BizNet, MyRepublic, dan lain sebagainya. Menggunakan paket data biasa pun tidak menjadi masalah yang berarti untuk di wilayah perkotaan. Berbeda kondisi dengan daerah yang tidak ter-cover jaringan internet menggunakan kabel Fiber Optic serta sinyal jaringan seluler untuk paket data yang buruk. Ini menjadi masalah besar untuk melakukan kegiatan belajar secara daring.


Dari permasalahan diatas, maka kita akan belajar Membuat Antena (Yagi) untuk Penguat Sinyal Jaringan Seluler GSM 2G, 3G, dan 4G guna memperlancar pembelajaran daring para pelajar dirumah. Antena ini dapat dipasang dirumah masing-masing. Bahan yang digunakan pun cukup mudah di dapatkan di semua daerah. Bentuk antena yang akan kita buat adalah sebagai berikut :

 

 

Rumus menghitung panjang setiap Elemen pada Antena Yagi adalah sebagai berikut :


 

 

 

 

 

Dimana : 

Lamda (λ) = Panjang Gelombang Elektromagnetik (meter)

C = Kecepatan Rambat Gelombang Elektromagnetik dengan konstanta 300.000.000 m/s

Freq = Frekuensi (Hz)

 

Di indonesia ini mayoritas operator seluler beroperasi di frekuensi 1,8 GHz untuk jalur 3G dan 4G atau berada pada band 3. Meskipun di beberapa daerah sudah support di frekuensi 2,1 GHz dan 2,3 Ghz. Akan tetapi untuk perhitungan kali ini kita akan menggunakan frekuensi 1,8 GHz atau 1800 MHz sebagai contoh perhitungan. Jadi, perhitungannya seperti dibawah ini :

 

Perhitungan Antena Yagi GSM


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Maka, dengan hasil perhitungan diatas. Setiap Elemen Antena Yagi akan menggunakan perhitungan seperti dibawah ini :

 


Untuk pemula cukup membuat 7 Elemen saja. Berikut adalah ukuran setiap elemen dari Antena Yagi tersebut :




Alat dan Bahan yang harus disiapkan :

1. Pipa Alumunium ukuran diameter 1 cm, untuk membuat 7 elemen utama.

2. Penampang untuk 7 Elemen, bisa menggunakan kayu seperti gambar pertama diatas. Bisa juga pipa PVC bekas instalasi pompa air. Agar tidak terlalu besar cukup ukuran diameter 3/4 atau 1 Inch saja. Dengan panjang 40 cm saja sudah lebih dari cukup. Karena penampang elemen hanya butuh 32 cm saja.

 

3. Potong Pipa alumunium sesuai dengan ukuran elemen diatas.

 

4. Susun pada penampang dengan jarak sesuai ukuran rancangan diatas.

 

5. Selamat mencoba.

 

 

 

 




No comments:

Post a comment