Motor Servo SG90 - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Wednesday, 23 December 2020

Motor Servo SG90

Motor Servo adalah jenis Aktuator elektromekanis yang tidak berputar secara kontinu seperti motor DC atau motor stepper. Motor servo digunakan untuk posisi dan memegang beberapa objek. Motor jenis ini digunakan dimana rotasi kontinu tidak diperlukan sehingga tidak digunakan untuk mengendalikan roda (kecuali servo ini dimodifikasi). Sebaliknya, motor servo digunakan dimana sesuatu yang dibutuhkan pindah ke posisi tertentu dan kemudian berhenti dan bertahan pada posisi itu.


Baca Juga : Modul Driver Motor L298N .


Hal yang paling umum dari penggunaan motor servo adalah digunakan untuk posisi kemudi pesawat terbang, kapal dan lain-lain. Servo dapat digunakan secara efektif disini karena tidak perlu bergerak 360 derajat penuh atau tidak memerlukan rotasi terus menerus seperti roda. Motor servo dapat diperintahkan untuk memutar dengan sudut tertentu dan selanjutnya kemudi akan tetap bertahan disana. Motor ini juga menggunakan mekanisme umpan balik, sehingga dapat merasakan kesalahan dalam posisinya dan mengoreksinya, hal tersebut disebut dengan servomechanisme


Jika aliran udara memberikan tekanan pada kemudi dan terjadi defleksi/penyimpangan, maka servo akan menerapkan kekuatan dalam arah yang berlawanan dan mencoba memperbaiki kesalahan. Misal, kita meminta motor servo untuk berada dan mengunci dirinya pada posisi 30 derajat dan kemudian kita mencoba untuk memutar dengan tangan kita, maka servo akan berusaha keras sebaik mungkin untuk mengatasi gaya dan menjaga servo terkunci pada sudut yang ditentukan.


Motor servo juga digunakan untuk mengontrol kemudi mobil RC, lengan dan kaki robot. Salah satunya adalah Motor Servo SG90. Berikut ini adalah bentuk fisik dari Motor Servo SG90 :

 



Motor Servo SG90 adalah sebuah motor servo kecil dengan output power yang tinggi. Motor ini dapat berotasi sekitar 180 derajat dan bisa bekerja seperti servo standar lainnya hanya saja ukurannya lebih kecil.




No comments:

Post a comment