Cara Menguji MOSFET (Metal Oxide Field Effect Transistor) menggunakan Multimeter - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Monday 6 February 2023

Cara Menguji MOSFET (Metal Oxide Field Effect Transistor) menggunakan Multimeter

MOSFET atau Metal Oxide Field Effect Transistor merupakan salah satu jenis transistor yang pengoperasiannya bergantung pada efek medan yaitu medan listrik pada input GATE atau input gerbangnya. MOSFET memiliki 3 kaki terminal yaitu GATE (G), DRAIN (D), SOURCE (S). Pada umumnya, MOSFET digunakan pada rangkaian elektronika sebagai saklar (switch), penguat (amplier dan pencampur (mixer)). Transistor medan efek medan ini bisa digolongkan menjadi 2 jenis, yaitu MOSFET tipe N (NMOSFET) dan MOSFET tipe P (PMOSFET). 

 

Untuk menguji apakah sebuah MOSFET mengalami kerusakan atau tidak, kita bisa menggunakan sebuah alat ukur berupa multimeter digital untuk mengukur atau mengujinya. Meskipun menggunakan cara yang cukup sederhana, namun cukup memadai untuk mengetahui MOSFET tersebut dalam keadaan baik atau rusak.

 

Menguji MOSFET tipe N (NMOSFET)

 

MOSFET tipe N

 

Cara menguji MOSFET bertipe N (NMOSFET) menggunakan multimeter digital yang disetting pada pengukuran dioda bisa dilihat pada uraian singkat di bawah ini.

 

1. Atur posisi saklar multimeter digital pada pengukuran dioda.

 

2. Hubungkan probe hitam atau negatif (-) multimeter ke kaki terminal “source”.

 

3. Sentuh probe merah atau positif (+) multimeter ke kaki terminal “gate”. 

 

4. Pindahkan probe merah atau positif (+) multimeter tersebut ke kaki terminal “drain”. Sedangkan probe hitam (-) masih tetap di kaki terminal “source”.

 

5. Layar multimeter akan menampilkan nilai tegangan yang sangat rendah. Hal ini dikarenakan MOSFET telah diaktifkan ketika probe merah multimeter disentuhkan ke terminal “gate”. Kondisi ini menunjukkan MOSFET yang diuji masih dalam kondisi BAIK. 

 

6. Pastikan probe hitam (-) masih tetap pada terminal “source” dan probe merah (+) masih pada terminal “drain”, sentuh terminal “source” dan “gate” dengan jari untuk melakukan “discharge” atau pembuangan arus terhadap MOSFET yang diuji. 

 

7. Lepaskan jari tangan. 

 

8. Layar multimeter akan menunjukkan “open” atau “OL”. Kondisi tersebut menandakan MOSFET yang diuji ini masih dalam kondisi BAIK.

 

Baca juga : IoT dalam Industri Pertanian: Meningkatkan Produktivitas dan Efisiensi


Menguji MOSFET tipe P (PMOSFET)

 

MOSFET tipe P

Cara pengujian MOSFET tipe P hampir sama dengan MOSFET tipe N. Perbedaannya hanya pada polaritas probe yang mengujinya. P MOSFET merupakan kebalikan dari N MOSFET. Cara untuk menguji MOSFET bertipe P (PMOSFET) menggunakan multimeter digital yang disetting pada pengukuran dioda bisa dilihat pada uraian singkat di bawah ini.

 

1. Atur posisi saklar multimeter digital pada pengukuran dioda.

 

2. Hubungkan probe merah atau positif (+) multimeter ke kaki terminal “source”.

 

3. Sentuh probe hitam atau negatif (-) multimeter ke kaki terminal “gate”.

 

4. Pindahkan probe hitam atau negatif (-) multimeter tersebut ke kaki terminal “drain”. Sedangkan probe merah (+) masih tetap di kaki terminal “source”.

 

5. Layar multimeter akan menampilkan nilai tegangan yang sangat rendah. Hal ini dikarenakan MOSFET telah diaktifkan ketika probe hitam multimeter disentuhkan ke terminal “gate”. Kondisi ini menunjukkan MOSFET yang diuji ini masih dalam kondisi BAIK.

 

6. Pastikan probe merah (+) masih tetap pada terminal “source” dan probe hitam (-) masih pada terminal “drain”, sentuh terminal “source” dan “gate” dengan jari untuk melakukan “discharge” atau pembuangan arus terhadap MOSFET yang diuji.

 

7. Lepaskan jari tangan.

 

8. Layar multimeter akan menunjukkan “open” atau “OL”. Kondisi tersebut menandakan MOSFET yang diuji ini masih dalam kondisi BAIK.

 

No comments:

Post a Comment