Instruksi END pada Diagram Tangga (Ladder Diagram) untuk PLC Sysmac CPM1A/CPM2A - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Thursday, 14 April 2022

Instruksi END pada Diagram Tangga (Ladder Diagram) untuk PLC Sysmac CPM1A/CPM2A

Instruksi terakhir yang harus dituliskan atau digambarkan dalam diagram tangga adalah instruksi END. CPU pada PLC akan mengerjakan semua instruksi dalam program dari awal (baris pertama) hingga ditemui instruksi END yang pertama, sebelum kembali lagi mengerjakan instruksi dalam program dari awal lagi. Artinya instruksi-instruksi yang ada di bawah atau setelah instruksi END diabaikan. Angka yang dituliskan pada instruksi END pada kode mnemonik merupakan kode fungsinya. Instruksi END tidak memerlukan operan dan serta tidak boleh diawali dengan suatu kondisi (sebagaimana instruksi lainnya). Pada gambar di bawah ini ditunjukkan contoh implementasi instruksi END.

 

Hal yang perlu diperhatikan disini adalah ketentuan kewajiban penulisan instruksi END, jika suatu diagram tangga atau program PLC tidak dilengkapi instruksi END, maka program tidak akan dijalankan sama sekali.



No comments:

Post a Comment