Instruksi OUTPUT dan OUTPUT NOT pada Diagram Tangga (Ladder Diagram) untuk PLC Sysmac CPM1A/CPM2A - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Thursday 14 April 2022

Instruksi OUTPUT dan OUTPUT NOT pada Diagram Tangga (Ladder Diagram) untuk PLC Sysmac CPM1A/CPM2A

Cara yang paling mudah untuk mengeluarkan hasil kombinasi kondisi eksekusi adalah dengan menyambung langsung dengan keluaran melalui instruksi OUTPUT (OUT) atau OUTPUT NOT (OUT NOT). Kedua instruksi ini digunakan mengontrol bit operan yang bersangkutan berkaitan dengan kondisi eksekusi (apakah ON atau OFF). Dengan menggunakan instruksi OUT, maka bit operan akan menjadi ON jika kondisi eksekusinya juga ON, sedangkan OUT NOT akan menyebabkan bit operan menjadi ON jika kondisi eksekusinya OFF (kebalikan dari instruksi OUTPUT). Pada gambar di bawah ini ditunjukkan contoh implementasi kedua instruksi ini.

 

 

Pada gambar di atas terlihat bahwa, IR010.00 akan ON selama IR000.00 juga ON sedangkan IR010.01 akan ON selama IR000.01 dalam kondisi OFF. Dalam diagram tangga ini, IR000.00 dan IR000.01 merupakan bit-bit masukan sedangkan IR010.00 dan IR010.01 merupakan bit-bit keluaran. Lama sebentarnya sebuah bit dalam kondisi ON atau OFF dapat dikendalikan dengan cara mengkombinasikan instruksi OUT atau OUT NOT dengan instruksi-instruksi pewaktu (timer).


No comments:

Post a Comment