Instruksi-instruksi Tangga pada Diagram Tangga (Ladder Diagram) untuk PLC Sysmac CPM1A/CPM2A - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Thursday 14 April 2022

Instruksi-instruksi Tangga pada Diagram Tangga (Ladder Diagram) untuk PLC Sysmac CPM1A/CPM2A

Instruksi-instruksi tangga atau ladder instruction adalah instruksi-instruksi yang terkait dengan kondisi-kondisi di dalam diagram tangga. Instruksi-instruksi tangga, baik yang independen maupun kombinasi atau gabungan dengan blok instruksi berikut atau sebelum, akan membentuk kondisi eksekusi.


A. LOAD (LD) dan LOAD NOT (LD NOT)


Kondisi pertama yang mengawali sembarang blok logika di dalam diagram tangga berkaitan dengan instruksi LOAD (LD) atau LD NOT. Masing-masing instruksi ini membutuhkan satu baris kode mnemonic. Contoh untuk instruksi ini ditunjukkan pada gambar di bawah ini.


Sebagaimana ditunjukkan pada gambar di atas, karena hanya instruksi LOAD atau LD NOT saja yang ada di garis instruksi (instruction line), maka eksekusi untuk instruksi yang di sebelah kanannya adalah ON jika kondisinya ON. Untuk contoh diagram tangga tersebut, instruksi LD (yaitu untuk normal terbuka), kondisi eksekusi akan ON jika IR000.00 juga ON. Sebaliknya untuk instruksi LD NOT (yaitu untuk normal tertutup), kondisi eksekusi akan ON jika IR000.00 dalam kondisi OFF.




B. AND dan AND NOT

 

Jika terdapat dua atau lebih kondisi yang dihubungkan secara seri pada garis instruksi yang sama, maka kondisi yang pertama menggunakan instruksi LD atau LD NOT dan sisanya menggunakan instruksi AND atau AND NOT. Pada gambar di bawah ini ditunjukkan sebuah penggalan diagram tangga yang mengandung tiga kondisi yang dihubungkan secara seri pada garis instruksi yang sama dan berkaitan dengan instruksi LD, AND NOT dan AND. Sama seperti sebelumnya, masing-masing instruksi tersebut membutuhkan satu baris kode mnemonic.



Instruksi yang digambarkan paling kanan sendiri akan memiliki kondisi eksekusi ON jika ketiga kondisi kirinya semuanya ON, dalam hal ini IR000.00 dalam kondisi ON, IR000.00 dalam kondisi OFF dan LR00.00 dalam kondisi ON.


Instruksi AND dapat dibayangkan akan menghasilkan ON jika kedua kondisi yang terhubungkan dengan instruksi ini dalam kondisi ON semua, jika salah satu saja dalam kondisi OFF, apalagi dua-duanya OFF, maka instruksi AND akan selalu menghasilkan OFF juga.


C. OR dan OR NOT

 
Jika dua atau lebih dihubungkan secara parallel, artinya dalam garis instruksi yang berbeda kemudian bergabung lagi dalam satu garis instruksi yang sama, maka kondisi pertama terkait dengan instruksi LD atau LD NOT dan sisanya berkaitan dengan instruksi OR atau OR NOT. Pada gambar di bawah ini ditunjukkan tiga buah kondisi yang berkaitan dengan instruksi LD NOT, OR NOT dan OR. Sekali lagi, masing-masing instruksi ini membutuhkan satu baris kode mnemonik. 




Blok instruksi ini akan memiliki kondisi eksekusi ON jika cukup salah satu dari ketiga kondisi dalam keadaan ON, misalnya IR000.00 dalam kondisi OFF, IR000.00 dalam kondisi OFF atau LR00.00 dalam kondisi ON.


Dalam hal ini instruksi OR dapat dibayangkan akan selalu menghasilkan kondisi eksekusi ON jika salah satu saja dari dua atau lebih kondisi yang terhubungkan dengan instruksi ini dalam kondisi ON.


D. Kombinasi Instruksi AND dan OR

 

Jika instruksi AND dan OR digabung atau dikombinasikan dalam suatu diagram tangga yang lebih kompleks, maka bisa dipandang satu persatu. Artinya bisa dilihat masing-masing hasil gabungan dua kondisi menggunakan instruksi AND atau OR secara sendiri-sendiri kemudian menggabungkannya menjadi satu kondisi menggunakan instruksi AND atau OR yang terakhir. Pada gambar di bawah ini ditunjukkan contoh diagram tangga yang mengimplementasikan cara seperti ini.




Pada gambar di atas, instruksi AND yang pertama (alamat 000.01) digunakan antara status IR000.00 dan IR000.01, kemudian digabungkan dengan instruksi OR pada status IR002.00 (alamat 000.02). Hasil dari penggabungan ini kemudian di-AND-kan dengan IR000.02 dan di-AND NOT-kan dengan IR000.03. Hasil akhir kondisi inilah yang menentukan apakah instruksi akan dikerjakan atau tidak.


No comments:

Post a Comment