Kode Mnemonik dan Struktur Memori Program pada Diagram Tangga (Ladder Diagram) untuk PLC Sysmac CPM1A/CPM2A - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Wednesday 13 April 2022

Kode Mnemonik dan Struktur Memori Program pada Diagram Tangga (Ladder Diagram) untuk PLC Sysmac CPM1A/CPM2A

Kode Mnemonik

 

Diagram tangga tidak dapat langsung dikirimkan ke PLC menggunakan Konsol Pemrogram (Programming Console). Untuk mengirimkan diagram tangga menggunaan Konsol Pemrogram maka harus dilakukan konversi diagram tangga ke kode-kode mnemonik (perangkat lunak Syswin 3.4 (khusus untuk Omron PLC Sysmac) dapat melakukan hal ini dengan otomatis). Kode mnemonik menyediakan informasi yang sama persis dengan diagram tangga hanya saja dalam bentuk yang langsung bisa diketikkan ke PLC yang bersangkutan (melalui konsol pemrogram).

 

Sebenarnya Anda pun bisa langsung memprogram dalam kode mnemonik, tetapi hal ini tidak disarankan untuk paraa pemrogram PLC pemula atau untuk program-program yang kompleks. Selain itu, tidak peduli perangkat lunak atau perangkat keras (konsol pemrogram atau komputer PC) yang digunakan, program yang tersimpan di dalam PLC dalam bentuk kode-kode mnemonik, sehingga menjadikan penting untuk memahami kode mnemonik ini.

 

Struktur Memori Program

 

Program disimpan ke dalam alamat-alamat lokasi memori program. Alamat-alamat dalam memori program sedikit berbeda dengan area memori lainnya karena masing-masing alamat tidak harus menyimpan jumlah data atau ukuran instruksi yang sama. Hal ini dikarenakan ada beberapa instruksi yang memang sama sekali tidak membutuhkan operan sedangkan beberapa instruksi lainnya membutuhkan hingga tiga operan, alamat-alamat dalam memori program panjangnya mulai dari satu hingga empat word.

 

Alamat memori program berawal pada 00000, word pertama pada tiap-tiap alamat digunakan untuk mendefinisikan instruksinya. Sembarang pendefinisian yang digunakan oleh suatu instruksi juga tersimpan dalam word pertama ini. Demikian juga, jika sebuah instruksi hanya membutuhkan sebuah bit operan (tanpa pendefinisi), bit operan diprogram pada baris yang sama dengan instruksinya. Word-word lainnya digunakan oleh instruksi-instruksi yang menggunakan operan yang menentukan data apa yang digunakan. Saat melakukan konversi ke kode mnemonik, semuanya kecuali instruksi diagram tangga dituliskan dalam bentuk yang sama, satu word ke satu baris, sebagaimana simbolnya muncul dalam simbol-simbol diagram tangga. Pada gambar di bawah ini ditunjukkan contoh kode mnemonik dan cara penyimpanannya dalam memori program.

 

Kolom alamat dan instruksi, sebagaimana ditunjukkan pada gambar di bawah ini, pada tabel kode mnemonik diisi untuk word instruksi saja. Untuk baris-baris lainnya, dua kolom di bagian kiri ini dikosongkan. Jika suatu instruksi tidak membutuhkan bit operan atau pendefinisi, kolom operan akan dikosongkan untuk baris pertama.

 

Saat memprogram, alamat-alamat tersebut secara otomatis akan tampil dan tidak perlu dituliskan kecuali untuk beberapa alasan Anda ingin menempatkan suatu instruksi di tempat atau lokasi yang lain (tidak berurutan). Saat mengkonversi kode mnemonik, akan baik jika dimulai dari alamat memori program 00000 kecuali ada alasan yang tepat untuk memulai dari lokasi yang lain.

 



No comments:

Post a Comment