Struktur dan Operasional PLC CPM1A/CPM2A - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Friday 8 April 2022

Struktur dan Operasional PLC CPM1A/CPM2A

1. Struktur Unit CPU

 

Pada gambar di bawah ini ditunjukkan struktur internal dari unit CPU yang terdiri atas beberapa bagian seperti memori I/O, program, rangkaian masukan, rangkaian keluaran dan lain sebagainya.

 

A. Memori I/O

 

Program akan membaca dan menulis data pada area memori ini selama eksekusi. Beberapa bagian dari memori merupakan bit yang mewakili status masukan dan keluaran PLC. Beberapa bagian dari memori I/O akan dihapus saat PLC dihidupkan dan beberapa bagian lainnya tidak berubah (tetap, karena ada dukungan baterai ke memori).

 


B. Program

 

Ini merupakan program yang ditulis oleh pengguna. CPM1A dan CPM2A menjalankan program secara siklus. Program sendiri dapat dibagi menjadi dua bagian. Bagian 'program utama'yang dijalankan secara siklus dan bagian 'program interupsi' yang akan dijalankan saat terjadi interupsi yang bersangkutan.

 

C. Setup PC

 

Setup PC mengandung berbagai macam parameter awalan (starup) dan operasional. Parameter-parameter tersebut hanya dapat diubah melalui piranti pemrograman saja (Programming Device), tidak dapat diubah melalui program. Beberapa parameter dapat diakses hanya pada saat PLC dihidupkan, sedangkan beberapa parameter yang lain dapat diakses secara rutin walaupun PLC dimatikan. Penting kiranya PLC dimatikan kemudian dihidupkan kembali untuk mengaktifkan pengaturan yang baru jika parameter hanya bisa diakses saat PLC dihidupkan.

 

D. Saklar Komunikasi

 

Saklar komunikasi menentukan apakah port peripheral dan RS-232C yang bekerja dengan pengaturan komunikasi standar atau pengaturan komunikasi yang ada di dalam Setup PC.

 

2. Mode Kerja

 

Unit PLC CPM1A dan CPM2A dapat bekerja dalam tiga mode : PROGRAM, MONITOR dan RUN. Hanya satu mode kerja saja yang aktif pada saat yang bersamaan.

 

A. Mode PROGRAM

 

Program atau diagram tangga tidak dapat berjalan dalam mode PROGRAM ini. Mode ini digunakan untuk melakukan beberapa operasi dalam persiapan eksekusi program :


• Mengubah parameter-parameter inisial/operasi sebagaimana terdapat di dalam Setup PC.

 

• Menulis, menyalin atau memeriksa program


• Memeriksa pengkabelan dengan cara memaksa bit-bit I/O ke kondisi set atau reset.

B. Mode MONITOR

 

Program atau diagram tangga berjalan dalam mode MONITOR ini dann beberapa operasi dapat dilakukan melalui sebuah piranti pemrogram. Secara umum, mode MONITOR digunakan untuk melakukan lacak kesalahan (debug atau troubleshooting), operasi pengujian dan melakukan penyesuaian (adjustment).

 

•  Pengeditan online (langung).


•  Mengawasi memori I/O selama PLC beroperasi.


• Memaksa set atau reset bit-bit I/O, mengubah nilai-nilai dan mengubah nilai saat ini selama PLC beroperasi.

 

C. Mode RUN

 

Program atau diagram tangga dijalankan dengan kecepatan normal pada mode RUN ini. Operasi-operasi seperti pengeditan online, memaksa set atau reset bit-bit I/O dan mengubah nilai-nilai tidak dapat dilakukan dalam mode ini, tetapi status dari bit I/O dapat diawasi.

 



No comments:

Post a Comment