Jenis - jenis Konektor USB (Universal Serial Bus) - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Friday 18 November 2022

Jenis - jenis Konektor USB (Universal Serial Bus)

Jenis - jenis Konektor USB (Universal Serial Bus)

Walaupun dikatakan standar, USB masih mempunyai beberapa jenis konektor tergantung pada perangkat dan teknologi yang digunakan. Pada sebuah kabel USB, terdapat dua konektor yaitu Plug (bagian yang dipasangkan dengan komputer) dan Receptacle yang dipasangkan pada peripheral yang akan dihubungkan ke komputer.

 

Konektor USB Tipe A (Type-A USB Connector)

 

Sebagian besar kabel USB mempunyai konektor USB tipe A di satu sisi. Hal ini dikarenakan konektor USB tipe A yang berbentuk persegi panjang yang dipasangkan pada bagian komputer. Pada umunya, PC atau personal computer mempunyai beberapa port USB Tipe A. Perangkat seperti keyboard dan mouse juga menggunakan konektor USB tipe A di satu sisinya. Beberapa jenis adaptor yang dipergunakan oleh berbagai perangkat elektronik portabel juga mempunyai port USB tipe A untuk melakukan pengisian ulang baterainya. Nama resmi konektor USB tipe A ini yaitu USB standard A.

 

Konektor USB Tipe B (Type-B USB Connector)

 

Nama resmi dari konektor USB tipe B yaitu USB standard B. Konektor USB tipe B berbentuk bujur sangkar dengan sedikit lekukan di kedua sudut atas. Biasanya jenis konektor USB tipe B ini digunakan oleh printer atau pun scanner dan tidak sepopuler USB tipe A.

 

Konektor Mini USB

 

Konektor mini USB banyak digunakan pada perangkat ponsel maupun kamera sebelum munculnya konektor micro USB. Bentuk konektor mini USB ini lebih kecil apabila dibandingkan dengan konektor USB tipe A atau pun konektor USB tipe B. Saat ini, konektor USB jenis ini sudah jarang dipergunakan pada perangkat elektronik dengan teknologi terbaru. Bentuk dari konektor mini USB ada 2 jenis yaitu mini USB A dan mini USB B. 

 

Konektor Micro USB

 

Konektor micro USB merupakan standar konektor USB yang paling banyak digunakan pada perangkat mobile dan portable. Hampir semua produsen perangkat elektronik tersebut mengadopsinya. Bentuk dari konektor micro USB ini ada 2 jenis yaitu micro USB A dan micro USB B.

 

Konektor USB Tipe C (Type-C USB Connector)

 

Konektor USB tipe C merupakan jenis konektor USB yang bisa dipasangkan terbalik atau dalam bahasa Inggris disebut dengan “reversible”. Saat ini sudah banyak Smartphone, Tablet PC dan Laptop yang menggunakan konektor USB tipe C ini. Secara resmi, USB jenis ini disebut dengan USB tipe C.

 

Kelebihan penggunaan USB (Universal Serial Bus)

 

• Penggunaannya mudah, USB bisa melakukan konfigurasi secara otomatis (auto configuration) dan mendukung Single Interface untuk beberapa perangkat serta mudah untuk melakukan ekspansi atau penambahan (apabila port USB pada komputer tidak mencukupi, kita bisa menambahkannya dengan USB hub dengan harga yang relatif lebih murah). Ukurannya juga lebih kecil apabila dibandingkan dengan teknologi lainnya seperti RS-232 atau pun paralel port.

 

• Memiliki kecepatan yang tinggi, yaitu bisa melakukan komunikasi data sampai 20 Mbit/s (USB versi 3.2).

 

• Memiliki keandalan atau reliability yang tinggi, protokol USB bisa mendeteksi terjadinya kesalahan pengiriman data dan mengirimkan pemberitahuan agar bisa mengirimkan datanya kembali.

 

• Menghemat biaya, sebab penggunaan yang sangat luas, semua jenis komponen dan konektor maupun kabel juga di produksi secara massal dengan jumlah yang banyak sehingga bisa menekan biaya produksi dan bisa menawarkan harga yang lebih murah.

 

• Penggunaan daya yang lebih kecil, USB pada umumnya bekerja di tegangan +5V dan mengkonsumsi arus listrik beberapa miliampere saja.

 

No comments:

Post a Comment