Perkembangan, Jenis Transfer Data dan Transaksi pada USB - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Friday 18 November 2022

Perkembangan, Jenis Transfer Data dan Transaksi pada USB

USB atau Universal Serial Bus merupakan media penghubung antara komputer dengan perangkat elektronik lainnya seperti keyboard, mouse, modem, printer dan scanner bahkan digunakan sebagai media penghubung untuk mengendalikan berbagai alat uji dan mesin produksi. Teknologi koneksi USB yang dikembangkan pada pertengahan tahun 1990-an sudah menjadi standar bagi semua komputer dan ponsel serta peralatan elektronik lainnya. USB dijadikan standar untuk pengisian baterai pada ponsel dan beberapa perangkat elektronik lainnya.

 

Perkembangan Versi USB (Universal Serial Bus)

 

Pada awalnya teknologi USB dikembangkan oleh 7 perusahaan besar yaitu IBM, DEC, Microsoft, Intel, Compaq, NEC dan Nortel dengan tujuan untuk membuat koneksi yang lebih mudah dan menjadi standar penghubung antara perangkat elektronik lainnya dengan PC (Personal Computer). Jadi bisa menggantikan beberapa macam bentuk konektor yang terpasang pada PC tersebut dan menyederhanakan konfigurasi perangkat lunak pada semua perangkat yang terhubung ke USB serta mempercepat transfer data dari perangkat eksternal (peripheral) ke PC yang bersangkutan atau pun dari komputer ke perangkat tersebut. 

 

Versi pertama USB (versi 1.0) dirilis pada bulan Januari 1996 untuk penggunaan komersil mempunyai kecepatan transfer data sampai 1,5 Mbit/s (mega bit per second) dan bisa mendukung 127 jenis perangkat peripheral eksternal. Teknologi USB telah berkembang dan berevolusi dengan kecepatan transfer data yang lebih tinggi yaitu mempunyai kecepatan sampai 20 Gbit/s (giga bit per second).

 

Versi USB

 

Jenis Transfer Data pada USB

 

Ada 4 jenis transfer data pada USB yang digunakan untuk melakukan komunikasi dengan komputer. Keempat jenis transfer data tersebut antara lain :

 

1. Control Transfer

 

Jenis transfer ini digunakan untuk mentransfer informasi kontrol sambil mengidentifikasi dan mengonfigrasikan perangkat yang terhubung.

 

2. Bulk Transfer

 

Data dalam jumlah besar di transferkan dan diverifikasi kebenaran datanya dan biasa digunakan pada printer.

 

3. Interrupt Transfer

 

Jenis transfer data ini digunakan untuk mentransmisikan data kecil secepat mungkin yang biasa digunakan pada mouse dan keyboard.

 

4. Isochronous Transfer

 

Jenis transfer data ini digunakan untuk pemindahan data atau streaming data secara cepat dan real time. Faktor terpenting pada isochronous transfer yaitu waktu.

 

Transaksi pada USB (Universal Serial Bus)

 

1. Token Packet yaitu paket yang selalu dikirimkan oleh host. 

 

2. Data Packet yaitu paket yang bisa dikirimkan oleh host maupun perangkat.

 

3. Handshake Packet yaitu paket yang berisikan informasi tentang sukses atau gagalnya penerimaan paket data. Perangkat bisa mengirimkan handshake packet ke komputer atau pun sebaliknya. Komputer juga bisa mengirimkan handshake packet ke perangkat untuk melakukan koreksi terhadap kesalahan. 

 

Sistem Arsitektur USB (Universal Serial Bus)

 

USB dikendalikan oleh Host, bisa beberapa perangkat yang terhubung ke komputer tetapi hanya satu host yang mengendalikan satu bus. Host berfungsi sebagai master sedangkan perangkat atau peripheral bertindak sebagai slave. Host bertanggung jawab untuk mengelola transaksi, koneksi dan penjadwalan bandwith. Sistem USB menggunakan topologi berjenjang yang terdiri dari pengalamatan 7 bit. Dengan pengalamatan 7 bit tersebut, USB bisa mendukung sampai 127 perangkat sekaligus.

Kabel yang digunakan terdiri dari 4 wire yang masing-masing konduktor di bungkus dengan isolator (shielded wire). Terdiri dari dua kabel wire yang digunakan untuk sumber daya listrik (+5V dan ground) dan dua lagi berbentuk twisted paired yang digunakan untuk transmisi data. 

 

No comments:

Post a Comment