Berbagai Macam Jenis Obeng - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Monday 15 May 2023

Berbagai Macam Jenis Obeng

Obeng merupakan alat yang digunakan untuk mengencangkan dan melonggarkan baut. Obeng sangat berguna untuk memasang sekrup dalam proses merakit berbagai peralatan rumah tangga.

 

Jenis – jenis Obeng

 

1. Obeng Plus (+)

Obeng Plus

Obeng plus berfungsi untuk mengencangkan dan melonggarkan sekrup yang memiliki bentuk tanda plus. Obeng ini memiliki mata obeng berbentuk plus atau tanda tambah.

 

2. Obeng Minus (-)

Obeng Minus

Obeng minus berfungsi untuk mengencangkan dan melonggarkan sekrup yang memiliki bentuk tanda minus. Obeng ini memiliki mata obeng yang pipih atau berbentuk tanda kurang. 

 

3. Obeng Ketok

Obeng Ketok

Obeng ketok berfungsi memiliki fungsi khusus, yaitu untuk mengencangkan dan melonggarkan sekrup dengan maksimal. Obeng ketok terbuat dari bahan logam yang kuat ketika akan diketuk. 

 

4. Obeng Fleksibel

Obeng Fleksibel

Obeng fleksibel memiliki bentuk batang yang fleksibel. Obeng ini berfungsi untuk menjangkau sekrup yang berada pada posisi yang terjangkau oleh obeng lurus. Mata obeng di setiap ujungnya berbeda, yaitu minus dan plus.

 

5. Obeng Sok

Obeng Sok

Obeng sok memiliki bentuk mata obeng yang unik, yaitu bulat atau persegi. Obeng ini berfungsi untuk mengencangkan dan melonggarkan sekrup yang akan dilepas atau dipasang dengan kuat. Namun tidak sekuat obeng ketok.

 

6. Obeng Elektrik

Obeng Elektrik

Obeng elektrik bekerja dengan kekuatan baterai atau listrik untuk memudahkan kita dalam mengencangkan dan melonggarkan sekrup dengan mudah. Kita hanya perlu menekan tombol untuk menyalakannya. Obeng elektrik sangat memudahkan proses merakit yang biasanya memerlukan waktu yang lama.

 

7. Obeng Magnet

Obeng Magnet

Obeng ini memiliki daya magnet yang ada di ujung mata obeng untuk memudahkan kita dalam melepas dan melepas sekrup.

 

8. Obeng Aksesori

Obeng Aksesori

Obeng aksesori memiliki berbagai variasi bentuk mata obeng untuk membuka barang-barang kecil yang tidak memerlukan tenaga yang besar. Batang obeng ini terbuat dari plastik dan bahan lainnya yang tidak terlalu kuat ketika diberi tekanan yang besar. 

 

9. Obeng Offset

Obeng Offset

Obeng offset memliki bentuk batang seperti bentuk Z. Obeng ini memiliki dua mata obeng yaitu plus dan minus yang berguna untuk mengencangkan dan melonggarkan sekrup dengan mudah.

 

10. Obeng Ratchet

Obeng Ratchet

Obeng ratchet berbentuk seperti pistol. Obeng ini dibuat dengan bahan yang cukup kuat untuk mengencangkan dan melonggarkan sekrup. Obeng ratchet memiliki mata obeng yang beragam, sehingga sangat berguna untuk melakukan banyak pekerjaan.

 

11. Obeng Tespen 

Obeng Tespen

Obeng tespen digunakan untuk kelistrikan. Obeng ini memiliki kemampuan untuk memberi tahu keberadaan arus listrik pada sebuah kabel saat mata obeng menyentuh kabel. Cahaya yang terdapat pada mata obeng akan menyala ketika obeng mendeteksi adanya arus listrik.


No comments:

Post a Comment