Berbagai Macam Jenis Tang - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Monday 15 May 2023

Berbagai Macam Jenis Tang

Tang merupakan suatu alat yang khusus digunakan untuk memegang, melepas, memotong dan memasang benda kerja. Tang terbuat dari bahan besi dan baja. Pada bagian gagangnya terdapat material karet yang memiliki karakteristik keras untuk melapisi tang agar bisa dipegang dengan mudah. Tang terdiri dari berbagai jenis dan memiliki bentuk serta fungsi yang berbeda-beda. 

 

Fungsi Tang

 

• Memotong kawat. Pada umumnya benda yang dipotong menggunakan tang memiliki karakteristik yang kerad dan tidak bisa dipotong menggunakan gunting atau pisau. 

 

• Membengkokkan benda sejenis logam.

 

• Memegang suatu benda atau sebagai alat bantu untuk memegang sesuatu karena cengkaramannya yang sangat erat dan tidak mudah lepas.

 

• Sebagai alat bantu untuk memutar benda seperti mur, baut dan benda sejenisnya.

 

• Membuka atau menutup sesuatu yang terbuat dari logam, misalnya membuka penutup cat.

 

• Memasang paku dengan spesifikasi jenis paku yaitu paku keeling/rivet. Keling memiliki fungsi khusus, yaitu sebagai pengikat penyambungan dari suatu plat besi dengan cara dikeling. 

 

• Menggulung kawat.

 

• Mengambil suatu benda yang berada di tempat yang sulit dijangkau menggunakan tangan.

 

• Menjepit snap ring pada suatu mesin.

 

• Mencabut paku.

 

• Mencengkeram dan memutar pipa.

 

• Menyambung atau menyatukan kabel dnegan skun kabel.

 

• Menyambung atau menyatukan kabel satu dengan kabel lain dengan berbagai ukuran. 

 

Jenis – jenis Tang

 

Tang Kombinasi

 

Tang Kombinasi

 

Tang kombinasi merupakan jenis tang yang sering digunakan karena kegunaannya yang multifungsi. Tang kombinasi bisa digunakan untuk memotong kabel, mengupas kulit kabel maupun melilit kabel. Ciri khas dari tang jenis ini yaitu lubang yang ada pada bagian tengah penjepit, dimana lubang tersebut memiliki gerigi. Pada umumnya lubang tersebut berbentuk bulat atau pun oval. 

 

Tang Cucut

Tang Cucut

Tang cucut berfungsi sebagai pemotong dan penjepit kabel. Ciri khas dari tang ini yaitu memiliki ujung yang panjang dan runcing. Bentuk ujungnya mirip dengan mulut ikan cucut. 

 

Baca juga : Mengenal Peralatan Kerja pada Perakitan Elektronika

 

Tang Potong  

Tang Potong
 

Tang potong berfungsi untuk memotong kabel dan maupun mengupas kulit kabel. Ciri khas dari tang ini yaitu memiliki ujung rahang yang tajam. Pada bagian kepalanya berbentuk lonjong dan sangat rapat serta tidak berlubang. 

 

Tang Buaya

Tang Buaya

Tang buaya berfungsi untuk menjepit suatu benda yang bulat seperti MUR dan BAUT. Ciri khas dari tang ini yaitu pada bagian ujungnya berbentuk bulat dan memiliki lubang yang bergerigi. Pada bagian  belakangnyaa terdapat sebuah skrup pemutar yang berfungsi untuk mengatur besar kecilnya lebar rahang. 

 

Tang Rivet

Tang Rivet

Tang rivet berfungsi untuk menancapkan atau menembakan paku rivet terhadap objek yang diinginkan. 

 

Tang Circlip


Tang circlip berfungsi untuk membuka ring pengunci atau bisa disebut dengan SPY. Ciri khas dari tang ini yaitu bagian ujungnya berbentuk runcing dan panjang. Ada dua jenis dari tang ini, yaitu tang circlip dengan ujungnya yang lurus dan ada juga yang ujungnya berbelok ke bawah. 

 

Tang Kakaktua

 

Tang Kakatua

Tang kakaktua berfungsi untuk memotong kawat dan bisa juga mencabut paku. Ciri khas dari tang ini yaitu memiliki bentuk seperti paruh burung kakaktua. Ujung dari tang ini berbentuk bulat dan tidak tajam.

 

Tang Slip Joint

 

Tang Slip Joint

Tang slip joint berfungsi untuk memegang dan menjepit suatu benda kerja. Ciri khas dari tang ini yaitu memiliki ujung yang berbentuk pipih dan terdapat gerigi pada bagian tengah rahang.

 

Tang Ampere

Tang Ampere

Tang ampere berfungsi untuk membaca besaran arus atau beban listrikk yang terpakai atau mengalir. Ciri khas dari tang ini yaitu bagian ujungnya unik karena menyerupai capit kepiting.

 


No comments:

Post a Comment