Pengertian dan Penjelasan tentang Kabel NYY - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Thursday 6 July 2023

Pengertian dan Penjelasan tentang Kabel NYY

 

Kabel NYY

Kabel NYY merupakan jenis kabel listrik yang tersusun atas beberapa inti. Jumlah inti kabel NYY mulai dari yang berjumlah 1,2,3 hingga 4 inti kabel. Pada setiap inti kabel akan terdapat lapisan pelindung luar yang menggunakan bahan PVC. Hal yang membedakan antara kabel NYY dengan kabel lain yaitu kabel NYY memiliki lapisan selubung ganda sehingga dianggap memiliki sistem keamanan yang cukup baik. Adapun bagian-bagian dari kabel NYY, yaitu : 

 

1. Konduktor

 

2. Isolasi PVC

 

3. Lapisan Selubung Dalam

 

4. Lapisan Selubung Luar

 

Berikut ini uraian singkat tentang bagian-bagian dari kabel NYY :

 

1. Konduktor

 

Konduktor merupakan komponen kabel yang digunakan sebagai media penghantar arus listrik. Oleh karena itu, biasanya konduktor menggunakan bahan yang memiliki daya hantar listrik yang benar-benar baik. Bahan yang digunakan untuk membuat konduktor yaitu tembaga. Sedangkan lapisan inti kabelnya menggunakan tembaga jenis serabut. 

 

2. Isolasi PVC

 

Isolasi PVC merupakan lapisan yang digunakan sebagai pelindung inti pada kabel NYY.

 

3. Lapisan Selubung Dalam

 

Lapisan selubung dalam merupakan bagian isolator yang dijadikan sebagai pelindung inti kabel secara langsung. Pada umumnya, lapisan selubung dalam ini menggunakan isolator berbahan PVC. Bahan PVC dirasa cukup tepat untuk melindungi kabel dan mencegah terjadinya berbagai resiko ke depannya, seperti kebocoran arus, kabel yang mengelupas dan lain sebagainya. 

 

4. Lapisan Selubung Luar

 

Lapisan selubung luar merupakan bagian pelindung kabel yang berfungsi untuk melindungi komponen kabel dari bagian luar secara keseluruhan. Kabel ini sering digunakan untuk instalasi dalam tanah, sehingga dilengkapi tambahan selimut anti gigitan tikus dengan tujuan agar kabel menjadi lebih aman untuk digunakan.  

 

Baca juga : Pengertian dan Penjelasan tentang Kabel NYA

 

Arti Kode Huruf Kabel NYY 

 

N artinya bahwa kabel dengan inti tembaga

 

Y artinya bahwa memiliki lapisan selubung dalam berbahan PVC

 

Y artinya bahwa lapisan selubung luar juga bisa terbuat dari bahan PVC

 

Baca juga : Pengertian dan Penjelasan tentang Kabel NYM

 

Kelebihan Kabel NYY

 

1. Tingkat keamanan 

 

Kabel NYY memiliki tingkat keamanan yang tinggi dan setiap kabelnya dilapisi dengan isolator PVC. Adanya lapisan pelindung berlapis inilah kabel NYY dianggap lebih aman. Kabel NYY memang memiliki proteksi yang lebih kuat sehingga sangat direkomendasikan untuk pemakaian instalasi listrik dalam jangka panjang. 

 

2. Lebih kuat dan aman

 

Lapisan isolator yang berlapis membuat tekstur kabel ini menjadi lebih kuat. Selain lapisan selubung dalam yang melindungi inti kabel secara langsung, terdapat juga lapisan pelindung terluar yang lengkapi dengan fitur anti gigitan tikus. Bahan isolator yang tebal dan kuat membuat kabel memiliki tingkat ketahanan yang baik. Mulai dari tahan terhadap perubahan cuaca hingga tahan terhadap serangan hewan seperti tikus yang sering menjadi musuh utama instalasi listrik. 

 

3. Bisa digunakan untuk lokasi yang ekstrim 

 

Kabel NYY bisa digunakan pada lokasi yang cukuo ekstrim, seperti ruangan terbuka dan tempat yang lembab. Kabel jenis ini cukuo direkomendasikan untuk instalasi di dalam tanah sekalipun karena tergolong aman dan kuat. Meskipun cukup direkomendasikan untuk digunakan di lokasi yang cukup ekstrim, namun untuk menambah proteksi dan tangkat keamanan perlu menambahkan alat pengaman tambahan lainnya. Misalnya dengan cara menambahkan pipa untuk melindungi kabel dari resiko terjadinya kerusakan. 

 

Kekurangan Kabel NYY

 

1. Harganya lebih mahal

 

Harga kabel NYY lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis kabel lainnya karena jenis kabel ini memiliki lapisan pelindung ganda. 

 

2. Isolator kabel NYY lebih kaku

 

Kabel NYY memiliki lapisan isolator yang kaku, sehingga pengaplikasiannya menjadi kurang fleksibel. Apalagi jika digunakan pada tempat yang membutuhkan banyak lekukan. Jadi, pertimbangkan juga soal penggunaan kabel ini sesuai dengan kondisi dan kebutuhan medan yang akan dipasangi instalasi listrik nantinya.

 

No comments:

Post a Comment