Pengertian dan Penjelasan tentang Kabel NYA - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Wednesday 5 July 2023

Pengertian dan Penjelasan tentang Kabel NYA

Kabel NYA

Kabel NYA merupakan jenis kabel listrik yang dilapisi oleh lapisan isolasi PVC berwarna hitam untuk mencegah terjadinya hubungan pendek dan melindungi kawat dari kerusakan. Pada umumnya, kabel NYA digunakan sebagai penghantar listrik pada instalasi listrik rumah tangga, gedung dan industri dengan tegangan rendah hingga 1 kV. 

 

Kabel NYA dilengkapi dengan lapisan pelindung luar berupa lapisan PVC yang lebih tebal untuk melindungi kabel dari kerusakan fisik dan lingkungan eksternal. Kabel NYA memiliki batasan pada jarak jangkauan dan arus listrik yang bisa ditangani, sehingga tidak cocok untuk penggunaan yang membutuhkan kapasitas lebih besar dan jarak jauh. 

 

Fungsi Kabel NYA


1. Penghantar Listrik

 

Kabel NYA memiliki fungsi utama, yaitu sebagai penghantar listrik dari sumber listrik ke peralatan listrik yang membutuhkan. Kabel NYA bisa menghantarkan arus listrik dengan aman dan efisien sekaligus menangani berbagai beban listrik sesuai dengan ukuran serta jumlah kawat konduktor yang digunakan pada kabel tersebut. 

 

2. Melindungi Lingkungan Sekitar dari Bahaya Listrik

 

Adanya lapisan pelindung luar berupa lapisan PVC yang lebih tebal sehingga mampu melindungi kabel dari kerusakan fisik dan lingkungan eksternal, seperti sinar matahari, air dan debu. Selain itu, lapisan PVC juga bisa melindungi lingkungan sekitar dari bahaya korsleting yang mungkin terjadi akibat kebocoran arus listrik dari kabel. 

 

3. Melindungi Inti Kabel dari Kerusakan

 

Kabel NYA dilengkapi dengan lapisan PVC sehingga bisa melindungi konduktor dari kerusakan akibat gesekan, tekanan dan kontak dengan bahan lain. 

 

4. Memudahkan Proses Instalasi Kelistrikan 

 

Kabel NYA mudah dipasang dan dihubungkan dengan peralatan listrik lainnya. Kabel ini bisa dipotong sesuai dengan panjang yang dibutuhkan, sehingga menghemat biaya dan mempermudah proses instalasi.

 

Komponen Kabel NYA

 

Ada dua komponen penyusun kabel NYA, yaitu lapisan inti dan lapisan pelindung. Berikut ini uraian singkat tentang kedua komponen penyusun tersebut :

 

1. Lapisan Inti Kabel

 

Setiap kabel memiliki lapisan inti yang berfungsi sebagai konduktor. Lapisan inti kabel tidak boleh menggunakan sembarang bahan. Material yang digunakan harus terbuat dari bahan yang bersifat menghantarkan arus listrik.  

 

2. Lapisan Pelindung Kabel

 

Kabel NYA dilapisi dengan pelindung yang disebut sebagai isolator. Jenis isolator yang digunakan yaitu berbahan PVC. Isolator tersebut berguna untuk melindungi bagian inti kabel agar tidak mudah rusak.

 

Baca juga : Pengertian dan Penjelasan tentang Kabel Ties

 

Arti Kode Huruf pada Kabel NYA

 

Berikut ini arti dari kode huruf yang terdapat pada kabel NYA :

 

N artinya bahwa jenis kabel tersebut didesain dengan inti tembaga.

 

Y artinya bahwa kabel tersebut memiliki lapisan pelindung berbahan PVC.

 

A artinya bahwa kabel tersebut memiliki satu inti saja. 

 

Jadi, kode huruf pada kabel NYA artinya kabel yang terbuat dari bahan tembaga, memiliki lapisan isolator berbahan PVC dan memiliki inti tunggal. 

 

Kelebihan Kabel NYA

 

1. Harga kabel NYA lebih murah sehingga cukup terjangkau.

 

2. Mudah dipasang dan fleksibel.

 

3. Memiliki voltase yang cukup.

 

4. Memiliki bahan insulin berwarna yang memudahkan proses pemasangan. 

 

Kekurangan Kabel NYA 

 

1. Hanya memiliki satu lapisan pelindung, sehingga tingkat keamanannya kurang memadai dan pemasangannya membutuhkan alat pengaman tambahan.

 

2. Kabel NYA mudah rusak dan tidak tahan air serta tidak disarankan jika dipasang untuk instalasi area luar yang beresiko basah.

 

3. Lapisan isolatornya tipis, sehingga mudah rusak.

 

4. Hanya bisa digunakan pada ruangan kering.

 

No comments:

Post a Comment