Pengertian dan Fungsi ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker) - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Monday 3 July 2023

Pengertian dan Fungsi ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker)

Earth Leakage Circuit Breaker atau ELCB merupakan perangkat keamanan listrik yang digunakan untuk mendeteksi aliran arus yang bocor ke tanah atau pun aliran arus yang tidak seimbang antara fase dan netral dalam suatu sistem listrik. Pada beberapa negara, ELCB disebut juga dengan RCD (Residual Current Device) atau GFCI (Ground Fault Circuit Interrupter). Fungsi utama dari ELCB yaitu melindungi manusia dan peralatan dari bahaya arus bocor yang bisa menyebabkan kecelakaan listrik, kebakaran atau kerusakan pada peralatan elektronik. Perangkat tersebut akan memutus aliran listrik secara otomatis dalam waktu singkat pada saat ELCB mendeteksi adanya arus bocor yang melebihi ambang batas yang telah ditentukan, sehingga mengurangi resiko kejadian yang lebih serius. 

 

ELCB bisa dipasang secara langsung pada stopkontak listrik atau panel distribusi listrik untuk melindungi sirkuit terpadu. Beberapa ELCB modern dilengkapi dengan fitur tambahan, seperti indikator visual atau alarm suara yang memberitahu pengguna saat terjadi arus bocor. Penggunaan ELCB sangat penting dalam menjaga keselamatan penggunaan listrik. Selain itu, ELCB bisa menyelamatkan nyawa manusia dengan memutus aliran listrik secara cepat pada arus bocor dan juga digunakan untuk melindungi peralatan elektronik yang sensitif terhadap arus bocor atau tidak stabil. 


Namun, ELCB bukanlah pengganti dari pengaman listrik lainnya seperti MCB (Miniature Circuit Breaker) atau saklar otomatis. ELCB berfungsi untuk melindungi dari bahaya arus bocor, sedangkan MCB bertanggung jawab untuk melindungi dari hubungan pendek dan kelebihan arus.

 

Earth Leakage Circuit Breaker

Cara Kerja ELCB

 

Pada dasarnya, ELCB bekerja berdasarkan perbedaan prinsip arus listrik antara fase dan netral dalam suatu sirkuit. Saat arus yang masuk melalui fase dan kembali melalui netral tidak seimbang, maka hal ini menunjukkan adanya aliran arus yang keluar dari sistem dan masuk ke tanah. Misalnya, adanya hubungan pendek atau kebocoran arus. ELCB mendeteksi perbedaan prinsip ini dan merespons dengan memutus aliran listrik dalam waktu yang kurang dari satu detik, melindungi pengguna dan sistem listrik secara keseluruhan. ELCB bekerja dengan cukup sederhana. Salah satu terminal kumparan relay terhubung ke bagian bodi logam yang akan dilindungi oleh ELCB dari kebocoran ke tanah dan terminal lainnya terhubung langsung ke tanah.

 

Jika terjadi kegagalan isolasi atau kabel fasa hidup menyentuh bodi logam peralatan, maka akan muncul perbedaan tegangan antara terminal kumparan yang terhubung ke bodi peralatan dan tanah. Perbedaan tegangan ini menyebabkan arus mengalir melalui kumparan relay. Jika perbedaan tegangan melampaui batas yang telah ditentukan, arus yang melalui relay akan cukup untuk mengaktifkan relay dan memicu pemutus arus yang terkait untuk memutus pasokan listrik ke peralatan tersebut.

 

Salah satu keunikan perangkat ini yaitu hanya bisa mendeteksi dan melindungi peralatan atau instalasi yang terhubung dengannya. ELCB tidak bisa mendeteksi kebocoran isolasi lain di bagian sistem.

 

Sensitivitas ELCB dan Pengunaannya

 

Sensitivitas ELCB merupakan tingkat arus bocor yang bisa dideteksi oleh perangkat tersebut sebelum memutus aliran listrik. Tingkat sensitivitas ini penting karena menentukan sejauh mana ELCB bisa melindungi pengguna dan peralatan lainnya dari bahaya arus bocor. Berikut ini beberapa tingkat sensitivitas ELCB dan pengaplikasiannya :

 

• Sensitivitas 10 mA – 30 mA

 

Pada umumnya, ELCB dengan tingkat sensitivitas ini digunakan pada rumah tangga dan lingkungan residensial. Tingkat sensitivitas ELCB ini dirancang untuk melindungi penghuni rumah dari sengatan listrik yang berbahaya dan memutus aliran listrik apabila terjadi arus bocor sebesar 10 mA hingga 30 mA atau lebih tinggi. ELCB dengan sensitivitas ini penting dalam melindungi manusia dan peralatan rumah tangga.

 

• Sensitivitas 100 mA – 300 mA

 

Biasanya ELCB dengan tingkat sensitivitas ini digunakan di lingkungan industri atau komersial karena industri sering melibatkan peralatan listrik yang lebih besar dan sistem yang kompleks, sehingga diperlukan ELCB dengan sensitivitas yang lebih tinggi. ELCB dengan tingkat sensitivitas ini bisa mendeteksi dan memutus aliran arus bocor yang lebih tinggi, seperti 100 mA hingga 300 mA. ELCB industri ini membantu melindungi pekerja dan peralatan dari bahaya arus bocor yang bisa menyebabkan kerusakan yang serius.


No comments:

Post a Comment