Pengertian dan Penjelasan tentang Kabel NYYHY - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Wednesday 12 July 2023

Pengertian dan Penjelasan tentang Kabel NYYHY

 

Kabel NYYHY

Kabel NYYHY merupakan jenis kabel listrik yang terdiri dari beberapa inti kawat tembaga dengan isolasi PVC dan lapisan pelindung luar berupa selubung PVC. Nama NYYHY singkatan dari jenis kabel tertentu yang telah ditentukan oleh standar IEC (International Electrotechnical Commission). Kabel NYYHY termasuk jenis kabel serbaguna yang digunakan untuk instalasi listrik dalam gedung atau bangunan. Kabel ini sering digunakan dalam aplikasi domestik, komersial, dan industri. 

 

Arti Kode Huruf NYYHY

 

N, artinya kabel ini termasuk jenis kabel listrik tanah

 

Y, artinya kabel ini dilapisi dengan isolasi PVC

 

Y, artinya kabel ini memiliki kawat tembaga yang dilapisi PVC

 

H, artinya kabel ini digunakan dalam sistem penghantar tegangan rendah

 

Y, artinya kabel ini memiliki lapisan pelindung luar berupa selubung berbahan dasar PVC

 

Kabel NYYHY memiliki beberapa variasi, tergantung pada standar dan peraturan setempat. Oleh karena itu, selalu penting untuk mengacu pada peraturan dan persyaratan kabel yang berlaku di daerah kita. Jika kita merencanakan instalasi kabel NYYHY, disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional yang berpengalaman dalam bidang listrik untuk memastikan kabel tersebut dipasang dengan benar dan sesuai dengan kebutuhan.

 

Kabel NYYHY bisa juga digunakan sebagai penghantar kontrol untuk menghubungkan berbagai sistem kontrol, seperti sistem pengendalian mesin atau sistem otomatisasi. Kabel ini bisa membawa sinyal kontrol untuk mengaktifkan atau mematikan perangkat dan sistem kontrol lainnya. Selain itu, kabel NYYHY bisa digunakan juga sebagai penghantar data dalam instalasi jaringan komputer atau jaringan LAN. Kabel ini bisa membawa sinyal data untuk menghubungkan berbagai perangkat dalam jaringan, seperti server, printer dan komputer.

 

Baca juga : Pengertian dan Penjelasan tentang Kabel NYY

 

Karakteristik Utama Kabel NYYHY

 

1. Kabel NYYHY memiliki beberapa konduktor yang terbuat dari tembaga atau aluminium. Konduktor bertanggung jawab untuk menghantarkan arus listrik. Ukuran konduktor yang digunakan tergantung pada kebutuhan daya dan tegangan yang akan dilalui.

 

2. Setiap konduktor pada kabel NYYHY dilapisi dengan lapisan insulasi. Lapisan insulasi tersebut berfungsi untuk mengisolasi konduktor dan mencegah terjadinya kontak langsung antara konduktor dan bahan lainnya. Lapisan insulasi terbuat dari bahan yang tahan terhadap panas dan kelembaban.

 

3. Kabel NYYHY dilengkapi dengan lapisan pelindung eksternal yang terbuat dari bahan seperti PVC (Polyvinyl Chloride).

 

4. Kabel NYYHY singkatan dari N (flexible), Y (pvc insulated), Y (pvc sheathed), H (for installation in the ground), Y (pvc sheathed). Artinya, kabel ini memiliki konduktor yang fleksibel, dilapisi dengan insulasi dan pelindung PVC, cocok untuk instalasi di dalam tanah.

 

5. Pada umumnya, kabel NYYHY digunakan untuk pemasangan saluran listrik di gedung, instalasi listrik di dalam gedung, instalasi listrik rumah tangga, sistem distribusi daya pada bangunan komersial dan instalasi jaringan komunikasi. Kabel ini cocok digunakan di dalam tanah, dalam pipa dan di dalam bangunan.

 

Baca juga : Pengertian dan Penjelasan tentang Kabel NYM

 

No comments:

Post a Comment