Loading...
Monday, 13 June 2016

Alat Pengatur Kecepatan Gerinda Listrik, Bor Listrik, dan Berbagai Macam Motor Listrik


Sudah tidak asing lagi bagi dunia pertukangan di indonesia bahkan di dunia, alat-alat seperti Gerinda Listrik, Bor Listrik, dan Berbagai Macam Motor Listrik menjadi kebutuhan yang tidak terpisahkan dengan berbagai pekerjaan sebagai tukang/engineer. Alat-alat tersebut memudahkan berbagai macam pekerjaan dan menghemat waktu kerja yang di butuhkan. Akan tetapi ada kalanya yang menjadi masalah adalah saat kita membeli merk-merk tertentu kadang tidak sesuai dengan keadaan lapangan. Misalnya, kita membeli alat Gerinda Listrik untuk pemrosesan Batu Akik. Tentu kecepatan putaran motor dari Gerinda Listrik tidak boleh terlalu cepat. Karena akan sulit memproses dan memperoleh Batu Akik kualitas tinggi dengan kecepatan tinggi, bahkan bisa merusak bentuk. Maka, dari itu diperlukan pengatur kecepatan putar sesuai dengan yang kita inginkan.


Baca Juga : AC Phase Control Dimmer

Berikut ini adalah gambar rangkaian Alat Pengatur Kecepatan Gerinda Listrik, Bor Listrik, dan Berbagai Macam Motor Listrik :

Rangkaian dimmer lampu pijar ini berfungsi untuk mengatur kecepatan Gerinda Listrik, Bor Listrik, dan Berbagai Macam Motor Listrik. Rangkaian ini bisa diatur mulai dari putaran pelan, sedang, dan cepat. Di dalam rangkaian alat ini, terdapat 3 komponen penting guna mengatur kerja alat ini. Komponen TRIAC berfungsi untuk mengatur besaran tegangan AC yang masuk ke motor listrik. Sementara komponen DIAC dan VR berfungsi untuk mengatur bias TRIAC guna menentukan titik ON dan OFF pada komponen TRIAC ini. Pada rangkaian ini potensiometer berfungsi sebagai sensor mekanis pengatur pelan dan cepatnya putaran motor atau transduser pasif yang perlu mendapatkan daya dari luar.

Jika anda tidak mau repot membuat sendiri, bisa pesan ke kami yang sudah siap pakai.

Berikut ini adalah Bentuk Fisiknya dan Video Uji Cobanya :



Untuk pemesanan Alat Pengatur Kecepatan Gerinda Listrik, Bor Listrik, dan Berbagai Macam Motor Listrik Silahkan KLIK DISINI.


3 komentar:

  1. besarnya nilai potensiometer dan kapasitor itu pengaruh ke apanya? mohon bantuannya

    ReplyDelete
  2. siang Mas ... mo nanya apakah dengan memakai pengatur kecepatan motor listrik ini bisa dipakai pad penggunaan mesin potong kayu circular, dan listrik tidak trip...karena mesin saya dayanya tidak tercover daya PLN..mohon pencerahannya..Trima kasih (Jaya):-?


    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya bisa bang
      Karena itu untuk mengatur aliran listrik yang masuk ke motor
      Semakin kecil daya yang masuk maka semakin lambat perputarannya
      Begitu sebaliknya
      Bila saya salah mohon diberi pencerahannya

      Delete

 
TOP