Alat Pendeteksi Kebocoran Gas LPG, Pendeteksi Asap, dan Gas Metana Sederhana (Sensor Gas Dengan Menggunakan Arduino Uno dan Sensor Gas MQ2) - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Monday 2 January 2017

Alat Pendeteksi Kebocoran Gas LPG, Pendeteksi Asap, dan Gas Metana Sederhana (Sensor Gas Dengan Menggunakan Arduino Uno dan Sensor Gas MQ2)

Maraknya kebakaran dan kecelakaan yang di sebabkan oleh kebocoran dan meledaknya tabung gas elpiji ( LPG = Liquid Petroleum Gas ) akhir-akhir ini, menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian besar masyarakat pengguna gas tersebut. Berita kebakaran pun sering terdengar sebagai akibat tabung gas LPG meledak. Penyebab meledaknya tabung gas ini karena kebocoran pada selang, tabung atau pada regulatornya yang tidak terpasang dengan baik. Pada saat terjadi kebocoran akan tercium gas yang menyengat, Gas inilah yang nantinya akan meledak apabila ada sulutan atau percikan api, atau adanya nyala rokok.

Pada intinya ledakan dapat dihindarkan apabila adanya pencegahan dini, saat gas keluar atau pada saat kebocoran gas terjadi. Seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi maka dikembangkanlah sebuah sistem keamanan dengan cara memberikan sistem peringatan ( Early Warning System ) untuk memberikan sebuah tanda jika ada tercium bau gas disekitar rumah. Jika sistem ini mentedeksi adanya bau gas LPG maka sistem akan memberikan sebuah tanda berupa alarm/buzzer.

Maka dari itu, muncullah ide untuk membuat Alat Pendeteksi Kebocoran Gas LPG, Pendeteksi Asap, dan Gas Metana Sederhana . Alat ini menggunakan Arduino Uno sebagai komponen utama. Sensor Gas MQ2 sebagai pendeteksi atau pencium bau Gas. Serta Buzzer yang berfungsi sebagai Alarm.

Berikut ini adalah gambar rangkaiannya :


Berikut ini adalah gambar Alat yang sudah selesai dibuat :


Untuk Pemesanan dan Pembelian Alat Pendeteksi Kebocoran Gas LPG, Pendeteksi Asap, dan Gas Metana Silahkan KLIK DISINI.

Berikut ini adalah video tutorial pembuatan dan wiring-nya :



Tags :

toko komponen elektronik terlengkap, toko komponen elektronik, project arduino, komponen elektronika,jual komponen elektronika terlengkap, distributor komponen elektronik, toko arduino, toko elektronik, jual alat elektronik, toko komponen elektronik lengkap, program arduino, daftar harga komponen elektronika, project arduino uno, sparepart elektronik, proyek arduino, toko ic terlengkap, harga komponen, toko elektronik terlengkap, toko robot, supplier komponen elektronik, toko suku cadang elektronik, jual komponen listrik, jual arduino uno original, toko part elektronik, toko penjual komponen elektronik, toko peralatan elektronik, toko elektronik lengkap, pusat komponen elektronik, jual elektronik, toko perlengkapan elektronik, toko sensor, jual arduino solo, toko spare part electronic, jual arduino wifi shield, jual komponen elektronik di cikarang

5 comments: