NFC (Near Field Communication) Reader PN532 - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Post Top Ad

Post Top Ad

Monday, 9 November 2020

NFC (Near Field Communication) Reader PN532

Saat ini teknologi NFC (Near Field Communication) sangat popular, kita sering mendengar kata NFC saat vendor-vendor smartphone memperkenalkan perangkat mereka. Hampir semua ponsel high-end mendukung fitur NFC ini. 


Baca Juga : RFID (Radio Frequency Identification) .


NFC merupakan standar bagi perangkat smartphone maupun perangkat sejenisnya untuk melakukan komunikasi satu sama lain dengan cara mendekatkan kedua perangkat. Biasanya jarak komunikasi yang dapat dilakukan antar perangkat kurang dari beberapa "cm". 


Yang akan kita bahas kali ini adalah NFC (Near Field Communication) Reader PN532 yang sudah berbentuk modul. Modul NFC (Near Field Communication) Reader PN532 ini dapat diakses oleh mikrokontroler melalui tiga cara komunikasi, yaitu I2C, SPI, dan HSU (High Speed UART).


Berikut ini adalah bentuk fisik dari NFC (Near Field Communication) Reader PN532


Modul NFC (Near Field Communication) Reader PN532 ini mampu membaca kartu jenis Mifare 1k, 4k, Ultralight, Desire, CD97BX, CD Light, P5CN072 (SMX), IRT5001, RCS_860, dan RCS_854. Tegangan input yang dibutuhkan oleh modul ini adalah 3,3 Volt sampai dengan 5 Volt. Mode pemilihan jenis komunikasi dapat dipilih dengan mngbah pengaturan switch yang terdapat pada modul. 


Pada gambar Modul NFC (Near Field Communication) Reader PN532 diatas dapat dilihat ada Switch kecil yang dimana mode HSU dapat dipilih dengan mereset kedua switch, mode I2C dipilih dengan men-set switch 1 dan mereset switch 2, yang terakhir mode SPI dipilih dengen mereset switch 1 dan men-reset switch 2. 




No comments:

Post a comment

Post Top Ad