Besaran dan Satuan pada Ilmu Kelistrikan dan Elektronika - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Wednesday 28 July 2021

Besaran dan Satuan pada Ilmu Kelistrikan dan Elektronika

Besaran adalah merupakan segala sesuatu yang bisa diukur dan dihitung. Besaran ini biasanya ditulis dan dibaca dengan Angka atau nilai tertentu. Sehingga setiap Besaran pasti memiliki satuan. Besaran pada Ilmu kelistrikan dan Elektronika diantaranya adalah Tegangan, Arus listrik, Hambatan, Frekuensi dan Daya Listrik.


Baca Juga : Analogi Listrik.


Satuan adalah acuan yang digunakan untuk memastikan kebenaran pengukuran  atau sebagai pembanding dalam suatu pengukuran besaran. Satuan ini dalam bahasa Inggris sering disebut dengan Unit. Contoh-contoh satuan dalam ilmu kelistrikan dan Elektronika seperti Ampere, Volt, Ohm, Joule, Watt, Farad dan Henry.



Saat kita sudah mulai mempelajari ilmu di bidang Kelistrikan dan Elektronika, maka harus menguasai pengetahuan yang sangat dasar terlebih dahulu. Salah satu pengetahuan dasar tersebut yaitu besaran dan satuan unit yang ada di dalam ilmu Kelistrikan dan Elektronika. Pengetahuan dan ilmu mengenai Besaran dan Satuan pada Ilmu Kelistrikan dan Elektronika bisa mempermudah kita dalam melakukan perancangan, perakitan, dan juga sebagai instrumen untuk menganalisa sebuah rangkaian Listrik dan Rangkaian Elektronika. Tanpa pengetahuan dasar yang satu ini, maka kita tidak akan bisa tahu dengan secara pasti nilai serta ukuran setiap komponen listrik dan elektronika yang sedang kita hadapi. Tanpa nilai pengukuran tegangan dan arus listrik yang pasti, kita tidak bisa menghitung jumlah daya listrik yang digunakan, menyusun rangkaian seri/paralel resistor, dan lain sebagainya.

 

Berikut ini adalah Besaran dan Satuan pada Ilmu Kelistrikan dan Elektronika yang sering digunakan. Standar yang digunakan pada umumnya adalah SI (Standard Internasional)

 

 

Prefix Satuan SI adalah awalan yang digunakan dalam satuan SI untuk membentuk sebuah satuan yang menandakan kelipatan dari satuan tersebut. Dibawah ini adalah Prefix satuan SI yang pada umumnya digunakan dalam ilmu Kelistrikan dan Elektronika.

 


 

Contoh-contoh penulisan satuan-satuan tersebut diantaranya seperti berikut ini :

    1kV = 1 kilo Volt = 1.000 Volt
    1mA = 1 mili Ampere = 1/1000 Ampere atau 0,001 Ampere
    1MΩ = 1 Mega Ohm = 1.000.000 Ohm
    1µF = 1 micro Farad = 1/1.000.000 Farad







No comments:

Post a Comment