Loading...
Wednesday, 20 May 2015

Rangkaian Driver Dimmer menggunakan PWM Universal


Alat ini adalah merupakan bagian dari AC Phase Control Dimmer. Yang akan kita bahas adalah Rangkaian Driver Dimmer menggunakan PWM Universal. Driver ini dapat bekerja menggunakan kendali PWM Analog maupun PWM Digital. Sesuai dengan namanya alat ini berfungsi untuk mengontrol atau mengatur panjang gelombang tegangan AC. Aplikasi penggunaan alat ini adalah untuk beban Induktif dan Resistif. Untuk beban Induktif misalnya untuk pengatur kecepatan motor AC, sedangkan beban Resistif misalnya untuk pengatur terang dan redup lampu pijar. Alat ini dapat juga sebagai alat yang digunakan untuk penetas telur.
Berikut ini adalah gambar Rangkaian Driver Dimmer menggunakan PWM Universal :


Driver ini sudah dilengkapi dengan rangkaian Snubber berupa R dan C yang diparalelkan dengan beban induktif maupun resistif. Pada rangkaian elektronika dengan beban induktif akan menimbulkan lonjakan tegangan yang berasal dari proses induksi beban induktor tersebut. Lonjakan yang berasal dari proses induksi dari beban induktor memiliki level tegangan yang cukup besar. Sehingga lonjakan tegangan dari beban induktif ini dapat mengganggu kinerja rangkaian yang lain.


Terjadinya lonjakan tegangan induktif pada beban induktor ini terjadi pada saat beban induktor tersebut pertama kali diberikan sumber tegangan (ON) dan pada saat tegangan sumber diputuskan (OFF). Pada rangkaian dengan beban induktif diperlukan komponen atau rangkaian untuk memproteksi dari terjadinya lonjakan tegangan induktif tersebut agar tidak mempengaruhi kinerja rangkaian. Untuk memproteksi rangkaian dari kondisi ini (terjadinya tegangan induksi) dapat dilakukan dengan memasang Snubber yang diparalel pada beban induktif tersebut.

2 komentar:

  1. kalo rangkaian jadi nya ada yang jual ga gan ? atau bisa pesen gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pesan ke saya,,, SMS saja ke 085790269618,,,

      Delete

 
TOP