Teknik Elektronika Dasar - Edukasi Elektronika

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, 19 April 2016

Teknik Elektronika Dasar

Teknik Elektronika Dasar adalah salah satu ilmu dasar elektronika yang harus dipelajari oleh para pegiat elektronika di awal kegiatan belajar semua hal yang berhubungan dengan elektronika. Pada artikel sebelumnya kita telah membahas Definisi (Pengertian) Elektronika Secara Umum, kali ini kita akan membahas tuntas apa sebenarnya Teknik Elektronika Dasar tersebut. Saat belajar elektronika kita harus tahu mengenai hal-hal yang mendasari ilmu elektronika tersebut. Teknik Elektronika Dasar merupakan suatu ilmu elektronika yang mempelajari atau menjelaskan tentang teori perhitungan elektronika, rangkaian elektronika, dasar komponen-komponen elektronika, teori atom, serta beberapa karakteristik yang harus dipahami sebelum melangkah lebih jauh ke ilmu elektronika yang lain.

Berikut ini akan saya uraikan mengenai satu per satu hal dasar elektronika yang dipelajari dalam cabang ilmu Teknik Elektronika Dasar.


1. Teori Perhitungan Elektronika

Sesuai dengan namanya, yang dibahas dan dipelajari disini adalah dasar-dasar perhitungan dalam rangkaian elektronika. Untuk awal biasanya yang dipelajari adalah Sistem Satuan Internasional yang berhubungan dengan elektronika. Sistem Satuan Internasional ini sangat penting, karena memberikan pengetahuan mengenai Satuan-satuan dasar elektronika. Diantaranya, satuan dari tegangan, arus, hambatan, dan daya listrik. Biasanya dalam teori perhitungan elektronika yang sering dipakai adalah Hukum Ohm dan Hukum Kirchoff 1 maupun Hukum Kirchoff 2.

Hukum Ohm - Ohm Law's - Edukasi Elektronika

2. Rangkaian Dasar Elektronika

Dalam materi Rangkaian Dasar Elektronika yang dibahas adalah mengenai dasar-dasar pembentuk rangkaian elektronika. Biasanya dibagi menjadi beberapa sub pokok bahasan.
  • Rangkaian seri resistor
  • Rangkaian paralel resistor
  • Rangkaian campuran resistor
  • Rangkaian seri kapasitor
  • Rangkaian paralel kapasitor
  • Rangkaian campuran kapasitor
  • Rangkaian seri induktor
  • Rangkaian paralel induktor 
  • Rangkaian penyearah setengah gelombang
  • Rangkaian penyearah gelombang penuh
  • Rangkaian penguat kelas A
  • Rangkaian penguat kelas B
  • Rangkaian penguat kelas C
  • Rangkaian penguat kelas AB
  • Rangkaian dasar elektronika digital
3. Dasar dan Karakteristik Komponen Elektronika

Dalam materi ini, biasanya yang dibahas adalah bahan pembentuk, klasifikasi, dan karakteristik komponen elektronika terhadap besaran-besaran listrik tertentu. Hal ini sangat penting, karena untuk kedepannya sangat berpengaruh dalam pemilihan komponen untuk merancang sebuah sistem elektronika yang handal. Apabila tidak menguasai materi ini dengan baik, maka dalam merancang sebuah sistem elektronika akan menggunakan dan memilih komponen elektronika seadanya tanpa pertimbangan kehandalan yang matang.

Pada dasarnya saat anda sudah menguasai Teknik Elektronika Dasar dengan baik, maka untuk mempelajari ilmu elektronika lainnya akan sangat mudah. Menurut beberapa pemula, Teknik Elektronika Dasar merupakan ilmu yang sulit dan njelimet. Akan tetapi saat anda menguasainya, ilmu ini akan sangat bermanfaat digunakan saat anda menemui kasus-kasus yang berhubungan dengan rangkaian elektronika. Bahkan Rangkaian elektronika serumit dan sesulit apapun akan mudah diselesaikan.

2 comments:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai elektronika
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai elektronika yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar elektronika

    ReplyDelete
  2. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai "Teknik Elektronika Dasar".
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai elektronika yang bisa anda kunjungi di disini

    ReplyDelete

Post Top Ad

Responsive Ads Here