SEPERTI APA SIH LINE FOLLOWER ITU ? - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Monday 7 January 2019

SEPERTI APA SIH LINE FOLLOWER ITU ?

Pada kesempatan kali ini saya akan menunjukkan seperti apa Robot Line Follower itu.
Robot Line Follower yang akan saya tunjukkan kali ini adalah Robot Line Follower Programmable atau biasa disebut Robot Line Follower Digital.

Berikut ini adalah diagram blok sederhana dari Robot Line Follower yang kita bahas kali ini.

 

Lalu apa saja sih kegunaan masing-masing bagiannya?

1. Keypad 

Keypad atau tombol merupakan bagian masukkan perintah berupa tombol yang akan di gunakan untuk melakukan setting atau pengaturan pada robot.

2. Sensor 

Sensor merupakan bagian yang akan membaca posisi robot terhadap track yang digunakan. Sensor yang digunakan pada robot ini adalah berupa sepasang sensor cahaya ( receiver dan transmitter ).

3. Display 

Display merupakan bagian keluaran atau output yang digunakan untuk menampilkan perintah atau menu-menu yang akan di setting dan juga dapat menapilkan kondisi robot saat itu.

4. Driver 

Driver merupakan bagian keluaran atau output yang digunakan untuk men-drive atau menghandel motor sesuai perintah yang akan diberikan oleh mikrokontroller.

5. Mikrokontroller 

Mikrokontroller merupakan otak dari robot ini. mikrokontroller berfungsi untuk mengolah bagian-bagian masukkan seperti tombol dan sensor, kemudian memberikan hasil atau keluaran ke bagian display dan driver.

6. Motor DC

Motor DC merupakan bagian penggerak dari robot ini.

-------------------------

Oleh : Bagus Aji Saputro.

No comments:

Post a Comment