Motor Servo - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Post Top Ad

Post Top Ad

Saturday, 30 May 2020

Motor Servo

Motor servo adalah sebuah alat mekatronika atau aktuator putar (motor) yang dirancang dengan sistem kontrol umpan balik close loop (servo), sehingga dapat di setting atau di atur untuk menentukan dan memastikan posisi sudut dari poros output motor. Motor servo merupakan perangkat yang terdiri dari motor DC, serangkaian gear, rangkaian kontrol, dan potensiometer. Serangkaian gear yang melekat pada poros motor DC akan memperlambat putaran poros dan meningkatkan torsi motor servo, sedangkan potensiometer dengan perubahan resistansinya saat motor berputar berfungsi sebagai penentu batas posisi putaran poros motor servo.

Motor Servo adalah salah satu jenis motor DC yang memiliki 3 buah kabel. Kabel ini terdiri dari Sumber Tegangan Positif, Ground, dan Kontrol. Kabel kontrol ini digunakan untuk menentukan arah putaran rotor ke arah posisi tertentu. Biasanya, untuk Servo yang umum hanya berputar maksimal 200 derajat saja. Akan tetapi ada juga yang mampu berputar 360 derajat. Motor servo ini biasanya digunakan sebagai penggerak lengan robot atau memutar alat ukur yang bersifat Analog. Berikut ini adalah salah satu bentuk fisik Motor Servo :

Motor servo biasa digunakan dalam aplikasi-aplikasi di industri, selain itu juga digunakan dalam berbagai aplikasi lain seperti pada mobil mainan radio kontrol, robot, pesawat, dan lain sebagainya.

No comments:

Post a comment

Post Top Ad