Sensor Arus SCT013 untuk Tegangan AC (Alternating Current) - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Post Top Ad

Post Top Ad

Tuesday, 14 April 2020

Sensor Arus SCT013 untuk Tegangan AC (Alternating Current)

Splilt-core Current Transformator (SCT) adalah sebuah sensor arus bolak-balik yang menggunakan konsep cara kerja dari transformator arus. Transformator arus ini kemudian dirancang agar dapat menghasikan nilai arus sekunder yang lebih kecil dibandingkan nilai arus pada sisi primernya. Trafo arus ini memiliki fungsi untuk merubah nilai arus pada jaringan transmisi listrik daya besar ke nilai arus yang lebih kecil, sehingga dengan begitu akan lebih aman untuk digunakan sebagai pengukuran. Trafo arus memiliki struktur komponen yang terdiri dari lilitan sekunder yang ada pada cincin ferromagnetic, dengan komponen lilitan primer yang melewati bagian tengah cincin. Cincin ferromagnetic ini bekerja dengan menahan sedikit fluks dari lilitan primer. Fluks ini bertugas untuk menginduksi tegangan dan arus ke dalam lilitan sekunder, sehingga dapat memperngaruhi arus yang dihasilkan. Transformator arus ini biasanya memiliki Rasio berkisar antara 600:5, 800:5 atau 1000:5 ampere dengan rasio standart pada lilitan sekunder sebesar 5 ampere.

Berikut ini merupakan gambar cara kerja atau prinsip kerja Current Transformator (CT) :


Sensor arus SCT013 adalah salah satu jenis sensor arus yang menggunakan prinsip kerja diatas dan digunakan untuk mengukur arus bolak-balik. Salah satu contohnya adalah SCT013-100 yang dapat mengukur Arus AC sampai dengan 100 Ampere.

Berikut ini adalah bentuk fisik SCT013-100 :
Spesifikasi Sensor Arus SCT013-100 adalah sebagai berikut :
> Input Current: 0 - 100A AC
> Output Mode: 0 - 50mA
> Non-linearity: around 3%
> Turn Ratio: 100A : 0.05A
> Resistance Grade : Grade B
> Work Temperature : -25 C to 70 C
> Dielectric Strength (between shell and output): 1000V AC/1min 5mA
> Leading Wire in Length: 1m Open
> Size: 13mm x 13mm

Sensor Arus SCT013-100 pada umumnya juga digunakan sebagai instrument pembacaan dalam  sistem proteksi transmisi tenaga listrik. Sistem proteksi yang dimaksud ini sangatlah kompleks dan membutuhkan kpmponen lain, sehingga  Sensor Arus SCT013-100 dibuat dengan dilengkapi spesifikasi dan kelas yang bervariatif  sesuai  dengan  kebutuhan sistem proteksi yang  ada. Selain  itu,  Sensor Arus SCT013-100  juga sering di aplikasikan pada sebuah alat pengukur daya (KWH) digital/token.

No comments:

Post a comment

Post Top Ad