Pengertian DAC (Digital to Analog Converter) dan Cara Kerjanya - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Monday 3 October 2022

Pengertian DAC (Digital to Analog Converter) dan Cara Kerjanya

 

 

Digital to Analog Converter


 

Digital to Analog Converter atau DAC adalah rangkaian yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital berbentuk biner (0 dan 1) menjadi sinyal analog berupa tegangan yang kontinu. Sinyal digital adalah sinyal biner berbentuk bit dengan kombinasi dari 1 dan 0 (tegangan level tinggi dan rendah). Jadi, DAC ini mengubah bit menjadi sinyal analog dalam bentuk tegangan maupun arus listrik.Konverter digital ke analog ini sering disingkat menjadi DAC, D2A atau D/2. Sinyal yang diubah menjadi bentuk analog biasanya digunakan untuk menggerakkan motor, diafragma speaker, pengendali suhu dan lain sebagainya pada suatu rangkaian atau perangkat elektronika. DAC sering digunakan pada perangkat digital bagian output untuk membuat sinyal analog setelah sebelumnya sinyal diproses dalam bentuk digital. 

 

Misalnya ketika sebuah komputer menyimpan file audio dalam bentuk nilai biner dari gelombang suara. Untuk bisa memainkannya kembali serta bisa didengar oleh telinga manusia dalam bentuk suara pada loudspeaker membutuhkan sinyal analog. Hal ini dikarenakan speaker akan bergetar berdasarkan intensitas sinyal analog yang diterimanya untuk menghasilkan suara atau musik. Jadi, dibutuhkan sebuah rangkaian perantara yang fungsinya untuk mengubah sinyal dari komputer berbentuk digital menjadi sinyal analog untuk menghasilkan suara di speaker.

 

Jenis - jenis DAC (Digital to Analog Converter)

 

1. Segmented DAC

 

2. Delta-Sigma DAC

 

3. Binary Weighted Resistor D/A Converter Circuit

 

4. Binary ladder or R-2R ladder D/A Converter Circuit

 

Cara Kerja DAC (Digital to Analog Converter)

 

Secara sederhana, sinyal suara yang disimpan dalam bentuk digital akan dikonversikan menjadi sinyal analog yang bisa didengar oleh telinga kita. Suara yang dapat dihasilkan dari peralatan audio adalah bentuk analog dari data input digital. Konverter DAC memungkinkan audio diubah dari format digital atau jenis file audio yang digunakan pada komputer dan elektronik lainnya ke format berbentuk analog berupa tegangan atau arus yang menggerakkan perangkat audio. DAC mengambil bilangan biner dari bentuk digital audio yang kemudian diubah menjadi arus analog yang jika dilakukan untuk seluruhnya pada sebuah lagu.

 

 

No comments:

Post a Comment