Penerapan Rangkaian Elektronika dalam Kehidupan Sehari-Hari : Contoh Praktis - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Friday 8 September 2023

Penerapan Rangkaian Elektronika dalam Kehidupan Sehari-Hari : Contoh Praktis

Rangkaian elektronika merupakan suatu rangkaian yang tersusun dari beberapa komponen elektronika aktif dan pasif sehingga membentuk satu kesatuan dan menghasilkan fungsi tertentu, baik secara kompleks atau pun sederhana. Hal yang perlu diperhatikan oleh pembuat rangkaian elektronika ketika ingin membuat suatu perangkat elektronika adalah bentuk desain dan pembuatan sirkuit elektronikanya. 

 

Ada beberapa faktor yang menentukan pembuatan rangkaian elektronika, seperti kompleksitas, durasi waktu pembuatan hingga fungsi alat tersebut dapat menentukan rangkaian tersebut termasuk rangkaian yang sederhana atau rumit. Bel rumah termasuk contoh sederhana dari hasil rangkaian elektronika. Sedangkan peralatan elektronik seperti laptop, televisi dan PC termasuk jenis rangkaian elektronika yang rumit. Artikel kali ini akan membahas tentang beberapa contoh praktis penerapan rangkaian elektronika dalam kehidupan sehari-hari. 

 

Jenis – jenis Rangkaian Elektronika

 

Pada umumnya, rangkaian elektronika terdiri dari 3 jenis, yaitu rangkaian analog, digital dan campuran. Setiap rangkaian elektronika memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Berikut ini uraian singkat mengenai ketiga jenis rangkaian elektronika tersebut :

 

1. Rangkaian Elektronika Analog

 

Rangkaian elektronika analog merupakan jenis rangkaian elektronika konvensional yang berkembang lebih awal sebelum adanya rangkaian elektronika digital. Nilai input pada rangkaian analog sangat dinamis karena terus berubah secara perlahan. 

 

2. Rangkaian Elektronika Digital

 

Rangkaian elektronika digital merupakan jenis rangkaian elektronika konvensional yang skemanya lebih canggih dan memiliki dua kondisi untuk bekerja, yaitu HIGH dan LOW. Jika kondisi HIGH, maka nilainya 1. Sedangkan jika kondisi LOW, maka nilainya 0. Perangkat elektronika modern yang menerapkan rangkaian elektronika digital yaitu smartphone, laptop dan komputer. 

 

3. Rangkaian Elektronika Campuran 

 

Rangkaian elektronika campuran merupakan jenis rangkaian elektronika hasil penggabungan antara rangkaian elektronika analog dan digital. Pada saat ini, banyak perangkat elektronik yang menerapkan rangkaian elektronik campuran seperti DAC (Digital Analog Converter) dan ADC (Analog Digital Converter). 

 

Contoh Praktis Penerapan Rangkaian Elektronika dalam Kehidupan Sehari-Hari

 

1. Smartphone 

 

Smartphone

Smartphone merupakan salah satu contoh paling sederhana dari penerapan rangkaian elektronika dalam kehidupan sehari-hari. Pada setiap smartphone modern mengandung berbagai rangkaian elektronika, seperti mikrokontroler, pemancar dan penerima radio, sensor dan layar sentuh. Rangkaian yang terdapat pada smartphone memungkinkan Anda untuk mengakses internet, mengambil foto, berkomunikasi, memutar musik dan menjalankan berbagai aplikasi yang membantu dalam pekerjaan dan hiburan.  

 

2. Televisi 

 

Televisi merupakan perangkat hiburan yang paling sering digunakan di seluruh dunia. Di balik layar TV, terdapat rangkaian elektronika yang kompleks. Rangkaian elektronika tersebut termasuk rangkaian pemrosesan gambar, suara, tuner untuk menangkap saluran TV dan rangkaian pemancar untuk menghasilkan gambar yang dapat Anda nikmati sehingga memberikan hiburan, informasi dan edukasi kepada Anda.

 

3. Smart Home Devices 

 

Smart Home

Smart home devices merupakan perangkat rumah pintar yang dapat digunakan untuk mempermudah keperluan Anda di rumah. Beberapa contoh smart home yaitu suhu di rumah dapat diatur secara otomatis menggunakan thermostat, lampu pintar yang dapat dikendalikan dan diatur dari jarak jauh dan sistem keamanan rumah yang mengintegrasikan kamera dan sensor pintar. Adanya smart home ini dapat membantu Anda menghemat energi, meningkatkan keamanan dan memberikan kenyamanan dalam pengaturan rumah. 

 

4. Komputer dan Perangkat Elektronik Pribadi

 

Komputer, laptop, tablet dan perangkat elektronik pribadi lainnya adalah contoh lain dari perangkat yang penuh dengan rangkaian elektronika. Mikroprosesor, RAM, kartu grafis dan perangkat keras lainnya menggabungkan daya pemrosesan yang kuat untuk pekerjaan, pendidikan, hiburan dan berbagai tugas lainnya.

 

5. Kesehatan dan Perawatan Pribadi

 

Smartwatch

Rangkaian elektronika digunakan di dunia kesehatan untuk berbagai alat medis seperti pemantau jantung dan analisis darah. Selain itu, rangkaian elektronika juga digunakan pada smartwatch dan pelacak kebugaran yang berguna untuk memonitor aktivitas fisik Anda serta memberikan data yang bermanfaat untuk kesehatan.

 

No comments:

Post a Comment