Loading...
Saturday, 22 August 2015

Pesawat Penerima Radio AM (Amplitudo Modulation) type STRAIGHT


Pesawat penerima radio AM (Amplitudo Modulation) dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu pesawat penerima straight dan pesawat penerima superheterodyne. Pesawat penerima radio straight adalah sebuah pesawat penerima radio yang cara penerimaannya dilakukan secara langsung. Pesawat ini hanya terdiri dari bagian antena, bagian tuning, bagian detektor, penguat AF (Audio Frekuensi) dan loudspeaker.

Berikut ini adalah gambar blok diagramnya :
Cara Kerja dari radio penerima jenis ini adalah sebagai berikut:
Di sekitar antena banyak sekali getaran dari berbagai pemancar radio. Akan tetapi hanya sinyal getaran yang kuat saja yang yang akan diterima. Disamping itu akan dapat menerima sinyal getaran-getaran radio yang sama dengan frekuensi tuning. Kemudian sinyal getaran itu dideteksi oleh bagian detektor, yaitu dipisahkannya sinyal-sinyal frekuensi tinggi dari sinyal suara. Selanjutnya sinyal suara tersebut diperkuat oleh rangkaian penguat audio frekuensi (AF) dan loudspeaker yang akan diubah menjadi getaran suara yang kemudian terdengar oleh telinga kita.

Pesawat penerima radio modek straight pada umumnya hanya dapat menerima siaran radio lokal saja, yaitu dari stasiun radio yang paling kuat daya pancarnya. Radio model ini mempunyai daya selektif rendah dan mempunyai lebar gelombang yang cukup besar sehingga banyak gangguannya.

0 komentar:

Post a Comment

 
TOP