Jaringan Syaraf Nv (Nv network) - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Friday 1 February 2019

Jaringan Syaraf Nv (Nv network)


Gambar diatas menampilkan suatu rangkaian seri dua buah Nv Neurons. Penggabungan dua buah Nv neurons atau lebih merupakan dasar pembuatan sistem pengendali robot BEAM.

Baca Juga : Nv Neurons untuk Pengendali Sistem Robot BEAM

Seperti halnya cara kerja suatu Nv neurons yang diperjelas dengan tabel berikut :


Bahwa apabila Nv neurons diberi input +5 Volt, maka Nv neurons akan aktif (ON) dan menghasilkan tegangan output 0 Volt. Namun apabila Nv neurons diberi input 0 Volt, maka Nv neurons akan non-aktif (OFF) dan menghasilkan tegangan output +5 Volt. Pada suatu jaringan Nv neurons, proses di atas akan terjadi pada tiap-tiap Nv neurons dengan waktu tunda (delay) tertentu pada setiap proses transisi perubahan tegangan yang terjadi.

Dua gambar diatas merupakan contoh jaringan syaraf Nv yang masing-masing diberi tegangan input Vin = 5 Volt dan tegangan input Vin = 0 Volt.

Proses perubahan kondisi tegangan input dan output untuk tiap-tiap Nv neurons dapat dipahami dengan melihat Tabel dibawah ini :


Dengan mencermati tabel diatas, maka dapat diketahui bahwa masing-masing Nv neurons dapat membangkitkan gelombang kotak (square) dengan lebar pulsa (duty cycle) yang bervariasi. Gelombang inilah yang akan digunakan untuk mengendalikan (drive) piranti yang terhubung dengannya (LED/Motor DC).

Gambar dibawah ini merupakan gambar grafik hubungan antara tegangan (V) dengan waktu (T) dari gelombang kotak yang terbentuk dalam suatu Nv network.



Gelombang kotak keluaran dari jaringan syaraf Nv yang tampak seperti Gambar diatas, sering disebut dengan Pulse Widht Modulation (PWM). Sinyal gelombang ini dapat digunakan pada beberapa aplikasi digital, termasuk pada aplikasi pengendalian (Driver Motor DC).





Tags :
jual robot, beli robot, toko robot, robot, mobile robot, toko robot glodok, jual robot line follower murah, kit robot murah, cara membuat robot, jual robot kit murah, gambar robot,, robot vs robot, war robots, robot jepang, robot robotan, robot sederhana, cara buat robot, robot indonesia, mainan robot binatang, macam macam robot, kontes robot indonesia, robotik indonesia, mainan robot, pengertian robot line follower, robot di indonesia, robot indo, robot robot canggih, komponen komponen robot

No comments:

Post a Comment