Instruksi Lompatan (JUMP) pada Diagram Tangga (Ladder Diagram) untuk PLC Sysmac CPM1A/CPM2A - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Monday 18 April 2022

Instruksi Lompatan (JUMP) pada Diagram Tangga (Ladder Diagram) untuk PLC Sysmac CPM1A/CPM2A

Suatu bagian dalam program dapat dilewati atau dikerjakan menggunakan instruksi JUMP. Hal ini sama seperti penggunaan instruksi INTERLOCK jika kondisi eksekusinya adalah OFF (semua instruksi antara INTERLOCK dan INTERLOCK CLEAR tidak akan dikerjakan). Hanya saja, menggunakan JUMP operan semua instruksi akan memelihara status. Dengan demikian, JUMP dapat digunakan untuk mengontrol piranti-piranti yang membutuhkan perpanjangan status keluaran, misalnya pneumatik dan hidrolik. Sedangkan INTERLOCK digunakan untuk mengontrol piranti-piranti yang tidak membutuhkan perpanjangan status keluaran, misalnya instrumen elektronik.


Instruksi JUMP (JM(04)) sama seperti instruksi INTERLOCK, berpasangan dengan JUMP END (JME(05)). Jika kondisi dari suatu instruksi JUMP adalah ON, maka program dikerjakan secara normal seolah-olah tidak ada instruksi JUMP. Tetapi, jika kondisi eksekusi dari JUMP adalah OFF, maka eksekusi program langsung menuju instruksi JUMP END tanpa melakukan perubahan status apapun di antara instruksi JUMP dan JUMP END.


Semua instruksi JUMP dan JUMP END diberi nomor 01 hingga 99. Nomor 00 digunakan untuk hal-hal khusus yang nanti akan dijelaskan kemudian. Nomor ini hanya digunakan sekali saja, artinya dalam diagram tangga tidak boleh ada nomor JUMP ganda atau lebih dari satu kecuali nomor 00.  Instruksi JUMP dengan nomor tertentu dikerjakan, maka eksekusi akan langsung menuju JUMP END dengan nomor yang sama.


Sekarang Diagram B dikoreksi dengan menggunakan instruksi JUMP dan JUMP END, hasilnya ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Kondisi eksekusi IR000.00 akan menentukan kondisi eksekusi dari JUMP(04) 01.


Diagram B : Dikoreksi dengan Instruksi JMP

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, JUMP dengan nomor 00 dapat digunakan lebih dari satu penulisan. Artinya, Anda boleh menuliskan JMP(04) 00 tanpa harus diikuti langsung dengan JME(05) 00. Anda boleh menuliskan JMP(04) 00 lainnya sebelum JME(05) 00. Dengan kata lain, beberapa JMP(04) 00 dapat memiliki sebuah JME(05) 00.


Eksekusi program yang mengandung banyak JMP(04) 00 sama seperti penggunaan INTERLOCK. Sehingga, diagram tangga pada gambar di bawah ini dapat dimodifikasi menggunakan JMP(04) 00. Dengan diagram tangga pada gambar di atas, INTERLOCK dapat mereset beberapa bagian bit atau status dalam lingkup INTERLOCK. Sedangkan dengan JUMP, tidak ada satupun bit atau status yang berubah. 



No comments:

Post a Comment